Ganjar Tak Datang Lagi Acara yang Dihadiri Puan, Ini Alasannya

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.
Sumber :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno

VIVA – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tidak nampak hadir saat acara peresmian Jembatan Gantung Girpasang di Kelurahan Tegalmulyo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah pada Kamis, 20 Januari 2022. 
Jembatan gantung tersebut dibangun untuk menghubungkan dua dusun yang dulu aksesnya terisolir. 
 
Jembatan sepanjang 120 meter dengan lebar 1,8 meter itu diresmikan Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi Bupati Klaten Sri Mulyani dan Direktur Pembangunan Jembatan Kementerian PUPR Yudha Handita.

Megawati Kirim Surat Amicus Curiae kepada MK, Ganjar Sebut Terilhami Sosok Kartini

Dengan adanya jembatan gantung tersebut, akses antara dua dusun dapat tersambung lagi dan menghemat waktu tempuh yang semula 15-30 menit menjadi 3-5 menit. Selain itu, juga menjadi destinasi wisata yang cukup populer di kalangan wisatawan lokal, ditambah dengan adanya gondola untuk alat angkut orang yang dibangun pada tahun 2021. 

"Saya dengar pada akhir pekan jumlah wisatawan yang berkunjung bisa mencapai 5.000 orang. Karena kapasitas jembatan ini sebanyak 50 orang, maka perlu pengawasan agar jumlah yang melintasi tidak melebihi kapasitas tersebut. Faktor keamanan harus diutamakan," kata Puan dalam keterangan persnya, Jumat, 21 Januari 2022.

Gibran Ingin Bertemu Semua Lawan Politiknya, Ganjar Bilang Selalu "Open House"

Dengan adanya kegiatan wisata alam tersebut, Puan berharap ada peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar. Politikus PDIP juga meminta masyarakat agar selalu menjaga keamanan, kenyamanan dan kebersihan Jembatan Gantung Girpasang. 

Ketua DPR Puan Maharani resmikan jembatan Girpasang.

Photo :
  • PUPR
Bertemu Megawati, Ganjar Tegaskan Putusan PHPU Momentum Kembalikan Marwah MK

Direktur Pembangunan Jembatan Kementerian PUPR Yudha Handita menjelaskan sebelum ada jembatan gantung ini, akses Dusun Girpasang dilalui dengan jalan setapak naik turun jurang sedalam 150 m dan 1.001 anak tangga. 

Kondisi tersebut juga mengakibatkan keterbatasan mobilisasi barang karena memanfaatkan alat transportasi berupa gondola kayu sederhana yang digunakan untuk mengangkut pakan ternak maupun hasil bumi penduduk setempat. 

"Dengan adanya jembatan ini mempermudah mobilitas masyarakat Tegalmulyo sehingga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat setempat," ujarnya.

Kegiatan peresmian jembatan ini turut dihadiri  Ketua Komisi V DPR RI Lasarus, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Charles Honoris, dan Wakil Ketua Komisi X DPR RI Agustina Wilujeng Pramestuti. Dari Pemprov Jateng diwakili Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Pantja Dharma Oetojo dan Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Tengah - DI Yogyakarta Wida Nurfaida.

Terpisah, tim protokoler Gubernur Jawa Tengah saat dikonfirmasi soal undangan peresmian jembatan gantung di Klaten yang dihadiri Puan Maharani, membenarkan bahwa Ganjar Pranowo memang tidak bisa menghadiri kegiatan tersebut. 

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebelumnya memang mendapatkan undangan untuk menghadiri acara tersebut pada malam hari sebelum acara peresmian. Namun, Ganjar lebih dulu bertolak ke Jakarta untuk menghadiri undangan Sekretariat Presiden untuk acara koordinasi penanganan COVID-19 di Istana Negara bersama Presiden Joko Widodo.

Sebelumnya, Ganjar Pranowo juga tidak hadir saat peresmian bangunan baru Pasar Legi Solo, Kamis, 20 Januari 2022. Pantauan VIVA, dalam barisan kursi tamu undangan paling depan hanya terlihat ditempati oleh Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, mantan Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo dan mantan Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo. 

Tidak tampak Gubernur Jawa Tengah maupun yang mewakili duduk di barisan kursi tamu paling depan itu.

Bangunan baru Pasar Legi Solo itu juga diresmikan Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi Menteri PUPR, Basuki Hadimoeljono dan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Laporan: Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya