Ultah Megawati, PDIP Tanam Mangrove dan Cemara Udang di Bali

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto Pimpin Penanaman Mangrove di Bali
Sumber :
  • PDI Perjuangan

VIVA – Hari ulang tahun atau HUT Megawati Soekarnoputri yang jatuh pada 23 Januari, akan diisi dengan kegiatan penanaman pohon. PDIP menggelar kegiatan itu, juga bertepatan dengan ulangtahun partai tersebut.

Gerindra soal Pertemuan Prabowo-Megawati: Bukan Tidak Mungkin Terwujud

Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, HUT partai ke-49 bertemakan "Bangunlah Jiwa dan Badannya untuk Indonesia Raya", juga dilakukan kegiatan bersamaan ulangtahun Megawati, Ketum PDIP. 

"Penanaman pohon mangrove dan cemara udang dilaksanakan secara serentak pada tanggal 23 Januari 2022 di lima lokasi. Fungsionaris partai termasuk yang saat ini menjabat sebagai menteri di pemerintahan Jokowi-Maruf Amin bersama kader akan ikut secara langsung dalam kegiatan ini. Dari Bali pencanangan untuk dilakukan juga serentak di seluruh Tanah Air," ujar Hasto Kristiyanto, dalam keterangannya, Sabtu 22 Januari 2022. 

Politisi PDIP Bicara Peluang Prabowo Subianto Bertemu Megawati Soekarnoputri

Ke Bali, Hasto bersama Ketua DPP PDIP yang juga Menkumham Yasonna Laoly, anggota DPR RI Deddy Yevri Sitorus dan wakil ketua panitia HUT PDIP Pulung Agustanto. 

Dia menjelaskan, mangrove akan ditanam di kawasan Pantai Banyuwedang, Desa Pejarakan, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng. Nantinya Gubernur Bali I Wayan Koster juga akan hadir, serta anggota DPR RI I Nyoman Parta. Di sini, penanaman akan dipimpin Hasto.

Kunjungi Wisata Mangrove di Jambi, Menteri Sandiaga Uno: Pertahankan Ekosistem

Menteri Sosial yang juga Ketua DPP Tri Rismaharini atau Risma, akan memimpin penanaman di Pantai Telaga Waja, Kelurahan Tanjung Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Turut hadir anggota DPR RI I Ketut Kariyasa Adyana dan Kirana Larasati, Wakil Ketua DPD PDIP DKI Jakarta Bidang Pemuda dan Olah Raga. 

Sementara di Pantai Tuwed, Desa Tuwed, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, akan dipimpin Ketua DPP PDIP I Made Urip dan anggota DPR RI Agung Rai Wirajaya. 

Di Pantai Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, dipimpin anggota DPR RI IGN Kesuma Kelakan. 

Untuk penanaman cemara udang, digelar di Pantai Bukit Muntig Siokan, Mertasari, Sanur Kauh, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar. Dipimpin Yasonna Laoly dan anggota DPR RI seperti Krisdayanti dan I Wayan Sudirta. 

Apa yang dilakukan di HUT partai dan ulangtahun Megawati tersebut, kata Hasto sebagai bentuk kepedulian PDIP terhadap lingkungan. Karena pohon sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

"Saat ini, pemerintah konsisten terus mendorong upaya-upaya rehabilitasi ekosistem mangrove dengan melibatkan semua pihak. Terkait hal itu, PDIP berkomitmen terhadap lingkungan dan upaya penanganan perubahan iklim. Partai berharap agenda ini dapat menunjang kepemimpinan Indonesia pada G20 tahun 2022 ini. Apalagi partai pun selama ini aktif dengan beberapa agenda penghijauan," jelas Hasto. 

Rencananya, bibit pohon mangrove yang akan ditanam sebanyak 21.000. Sementara bibit pohon cemara udang ada lebih kurang 500. 

"Pohon berperan besar dalam menjaga keseimbangan ekosistem di bumi dengan manfaat utama sebagai penghasil oksigen, penyimpan karbon, penghasil kayu sebagai bahan baku bangunan, penghasil buah-buahan, bahan obat dan bahan nabati lainnya serta sebagai tempat berlindung berbagai spesies binatang," katanya. 

"Manfaat lainnya sekumpulan pohon dapat mencegah bencana alam seperti tanah longsor, erosi, banjir, dan membantu penyerapan air hujan ke dalam tanah serta dapat menyimpan persediaan air tanah agar memiliki persediaan saat musim kemarau tiba, menahan arus air laut yang dapat mengikis daratan pantai, serta tempat hidup biota laut seperti ikan kecil untuk berlindung dan mencari makan," lanjut Hasto.

Indonesia adalah negara yang harus tetap waspada akan potensi bencana. Apalagi kita berada di jalur ring of fire. Sebab potensi itu bisa juga berdampak pada terjadinya tsunami. 

"Pohon Mangrove sangat penting dalam mengantisipasi tsunami," ujar Hasto. 

Hasto menambahkan Ketua Umum PDIP akan menyaksikan kegiatan penanaman Mangrove ini secara virtual. 

"Rangkaian agenda HUT partai dan hari lahir Ibu Ketua Umun memang dipusatkan di Bali. Namun, nantinya akan ada juga agenda di kantor partai dan dari daerah-daerah. Semua rangkaian kegiatan bisa disaksikan melalui akun resmi media sosial PDI Perjuangan," jelas Hasto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya