Zulhas Beri Penghargaan Intelektual Muda, Anies dan Ridwan Kamil Hadir

Zulkifli Hasan
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Lembaga riset dan pengembangan literasi politik Amanat Institute, akan menggelar upacara penganugerahan Zulkifli Hasan Award 2022 di Perpustakaan Nasional RI pada 29 Januari 2022 mendatang. Ajang Zulhas Award ini akan memberikan penghargaan kepada para intelektual muda dari berbagai penjuru di Indonesia

Elektabilitas PAN Nanjak, Zulhas: Kami Hadirkan Politik yang Bersahabat

Penganugerahan Zulhas Award ini, akan diselenggarakan bersamaan dengan pidato kebudayaan Zulkifli Hasan. Dalam pidato kebudayaan itu, Zulhas akan menyampaikan pokok-pokok pikiran dan pandangannya tentang pentingnya Islam Tengah dalam konteks Indonesia. 

Direncanakan hadir memberikan testimoni atau respons terhadap pidato kebudayaan itu antara lain Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah yang juga Menteri BUMN Erick Thohir, Ketum ICMI Prof Arief Satria, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, serta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Apresiasi Industri Kreatif Otomotif RI, Zulhas: Nggak Kalah dari Jepang

Komitmen Narasi Islam Moderat

Direktur Eksekutif Amanat Institute, Fahd Pahdepie, menerangkan bahwa penghargaan ini merupakan bentuk komitmen Zulkifli Hasan dalam memperkuat dan mengkampanyekan narasi Islam moderat atau Islam Tengah. Menurut Fahd, Zulhas sangat concern pada ide-ide kemajuan Islam dan bangsa

Mendag Zulhas Keliling IMX 2023 Ditemani Fitra Eri, Om Mobi-Raffi Ahmad

"Gagasan beliau tentang Islam Tengah sebagai jalan politik kebangsaan merupakan sesuatu yang penting untuk situasi bangsa dan negara saat ini. Zulhas Award adalah salah satu bentuk upaya membumikan gagasan itu dan mengajak sebanyak mungkin orang untuk memperjuangkannya," kata Fahd, Selasa 25 Januari 2022. 

Proses pemilihan pemenangan Zulhas Award, dilakukan melalui sayembara esai dan video yang telah dilakukan sejak Agustus 2021. Selama empat bulan, lebih dari 1.200 orang peserta diselekasi melalui tiga tahap administrasi, substansi, dan wawancara tatap muka. 

Para juri yang terlibat adalah Duta Besar RI untuk Kerajaan Spanyol dan UNWTO Muhammad Najib, Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay, Andian Parlindungan, dan Fahd Pahdepie. 

Dari 1.200-an peserta sayembara esai dan video itu, diperoleh 40 finalis untuk kategori pelajar, mahasiswa dan umum. 

"Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Pada 29 Januari mendatang, kami akan mengumumkan 12 pemenang peraih Zulhas Award 2022. Saya kira ajang ini berhasil menemukan intelektual-intelektual dan kreator muda yang kelak akan penting untuk narasi moderasi di Indonesia," ujar Fahd.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya