Sambil Gowes dan Lari, PDIP Bantu Guru-Pelajar di Daerah Tertinggal

Wakil Ketua Panitia HUT PDIP Pulung Agustanto
Wakil Ketua Panitia HUT PDIP Pulung Agustanto
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Di tengah kebutuhan akan penguatan imunitas tubuh di tengah pandemi Covid-19, sportainment ‘Banteng Ride and Night Run’ akan digelar sekitar Maret 2022. Kegiatan itu sekaligus juga mengandung aksi sosial lewat pembagian ribuan sepeda untuk guru dan ribuan sepatu untuk pelajar di daerah terbelakang.

Acara itu diinisiasi oleh PDI Perjuangan (PDIP), dan terbuka untuk masyarakat umum. Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan seharusnya acara sepeda dan lari bertema “Bangunlah Jiwa dan Badannya untuk Indonesia Raya” ini diselenggarakan pada akhir Januari.

Namun, PDIP harus menunda acara tersebut mengingat imbauan pemerintahan Joko Widodo untuk mengurangi kegiatan kerumunan dalam rangka mencegah penyebaran varian Covid-19. 

"Kami tahu pemerintahan Presiden Jokowi itu memanajemen dengan baik terkait dengan kehadiran varian Omicron. Lalu kami lihat di DKI, luar biasa kenaikannya melebihi eksponensial sehingga dalam konteks itu kami waspada semua," kata Hasto dalam jumpa pers pelaksanaan Banteng Ride and Run Night 2022 di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 27 Januari 2022.

Hasto hadir bersama Ketua DPP PDIP bidang pemuda dan olahraga Eriko Sotarduga dan Wakil Ketua Panitia HUT PDIP ke-49 Pulung Agustanto. 

Politikus asal Yogyakarta itu juga meminta maaf kepada para pendaftar atas penundaan acara tersebut. Dia menjanjikan acara sepeda dan lari itu akan dirangkaikan dengan Senam Cinta Tanah Air (Sicita) pada Maret 2022, apabila kasus Covid-19 sudah mereda. 

Meski demikian, Hasto menerangkan panitia pelaksana di bawah Wakil Panitia HUT PDIP Pulung Agustanto tetap mempersiapkan detail dan teknis acara. Ketika kasus Covid-19 sudah melandai, maka acara langsung bisa dilaksanakan.