Survei CSIIS: Warga NU Ingin Ganjar Jadi Calon di Pilpres 2024

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Direktur Eksekutif CSIIS, Sholeh Basyari menyampaikan Nahdliyin atau warga Nahdlatul Ulama (NU) menginginkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meramaikan kontestasi Pilpres 2024.

Kubu Prabowo-Gibran Sebut Pemilu Ulang Tak Ada di UU

Dukungan ini berdasarkan temuan hasil survei yang dilakukan oleh riset Center for Strategic on Islamic and International Studies (CSIIS).

Sholeh Basyari mengatakan Ganjar Pranowo bisa meramaikan bursa Pilpres 2024. Kader PDIP ini berhasil meraup 17,5 persen dan selalu konsisten masuk di tiga besar dalam survei-survei politik.

Otto Hasibuan Sebut Gugatan Sengketa Pilpres Anies dan Ganjar Sebuah Kemunduran

Ganjar diketahui memiliki nilai elektabilitas dan popularitas yang tinggi. Dia kerap masuk ke dalam top three bursa survei, mengapit nama yang telah berpengalaman seperti Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan 20 persen.

Survei ini dilakukan pada 7 Januari 2022 melalui wawancara mendalam. Sampel dipilih secara purposive dengan maksud untuk mendapatkan orisinalitas data dari responden dan demi menghindari kemungkinan data melebar.

KPU Sebut Gugatan Ganjar-Mahfud yang Singgung Jokowi Salah Sasaran

Basyari mengatakan responden berasal dari para santri di sejumlah pesantren yang menjadi kantong-kantong suara NU. Pesantren tersebut yakni Pesantren Nurul Jadid, Paiton (Probolinggo); Ponpes Sidogiri (Pasuruan); dan Ponpes An-Nur, Bululawang (Malang). 

Kemudian Ponpes Sunan Pandanaran, Sleman (Yogyakarta); Ponpes Raudlatut Thalibin, Leteh (Rembang); Ponpes Asrama Perguruan Islam, Tegalrejo (Magelang); Ponpes Cipasung (Tasikmalaya); Ponpes Buntet (Cirebon); Ponpes Roudhotul Ulum, Menes (Pandegelang); dan Ponpes Darussa'adah, Gunung Sugih (Lampung Tengah).

Baca juga: Pemerintah Sepakat Pemungutan Suara Pemilu 14 Februari 2024

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya