Ganjar-Puan Akhirnya Sepanggung Lagi

Ganjar Pranowo dan kader PDIP Jateng tebar benih ikan di Waduk Jatibarang
Sumber :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno

VIVA – Setelah berulangkali tidak bersama dalam satu acara, Gubernur Jateng sekaligus politikus PDIP Ganjar Pranowo ketemu juga dengan Puan Maharani. Meskipun, mereka tidak bertemu secara fisik, tapi secara virtual. Hal itu terjadi dalam acara tebar benih ikan di Waduk Jatibarang, Kota Semarang. 

Megawati Kirim Surat Amicus Curiae kepada MK, Ganjar Sebut Terilhami Sosok Kartini

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari gerakan serentak kader PDIP dalam membantu percepatan program nasional gotong royong membangun kampung keluarga berkualitas (KKB), yang digelar virtual serentak di seluruh Indonesia.

Hadir dalam acara di Waduk Jatibarang itu, Ketua PDIP Kota Semarang yang juga Wali Kota Hendrar Prihadi, Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanto Rahayu serta sejumlah tokoh PDIP Semarang dan Jawa Tengah.

Gibran Ingin Bertemu Semua Lawan Politiknya, Ganjar Bilang Selalu "Open House"

Stunting menjadi salah satu isu untuk dituntaskan pada acara tersebut.

"Kita akan coba turunkan stunting sehingga kader semuanya bergerak, maka kami yang ada di pemerintah ini diminta untuk bergerak," ujar Ganjar setelah menebar benih ikan di Waduk Jatibarang, Semarang, Kamis, 27 Januari 2022.

Bertemu Megawati, Ganjar Tegaskan Putusan PHPU Momentum Kembalikan Marwah MK

Ganjar menambahkan ia juga terus mendorong agar warganya memiliki kesadaran tinggi untuk mendeteksi stunting sejak dini. "Kita akan membuat kampung-kampung gotong royong agar bisa mendeteksi sejak dini agar tidak terjadi stunting," jelasnya.

Menurutnya, tebar benih ikan menjadi salah satu cara untuk mendorong penuntasan kasus stunting. Nantinya, ikan tersebut bisa dikonsumsi warga sehingga bisa cukup gizi sejak dini.

"Tadi kita menyebar benih ikan bantuan dari Bu Mega. Harapannya nanti ini akan bisa kelak kemudian bisa dipancing, dinikmati, dibagikan kepada mereka yang membutuhkan. Tadi juga Ibu Puan menyampaikan pidatonya bahwa ikan itu murah, gampang didapat, sepanjang masa, dan itu gizinya bagus sekali," ungkap Ganjar.

Menyebar benih ikan, lanjutnya, jadi salah satu cara paling strategis dalam upaya pencegahan stunting. Ganjar juga meminta kader untuk turut memperhatikan ibu hamil di lingkungannya, terutama agar gizinya tercukupi.

Arahan Megawati

Pencanangan Kampung Keluarga Berkualitas Gotong Royong Bebas Stunting

Photo :
  • PDI Perjuangan

Sebelumnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri  mencanangkan Percepatan Pelaksanaan Program “Kampung Keluarga Berkualitas Gotong Royong Bebas Stunting”. Seluruh kader mendukung, termasuk Puan Maharani dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Pencanangan itu digelar secara hybrid dari kantor pusat PDIP di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, pada Kamis 27 Januari 2022. 

"Pada hari ini Kamis, tanggal 27 januari 2022, mencanangkan Kampung Keluarga Berkualitas Gotong royong Bebas Stunting untuk Kesejahteraan Rakyat," demikian pernyataan Megawati yang disampaikan Ketua DPP PDIP bidang politik Puan Maharani, yang mewakilinya, seperti dalam keterangan persnya. 

Mewakili Megawati, Puan turut didampingi seperti Sekretaris Kabinet Pramono Anung (mantan Sekjen PDIP) dan Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo (mantan Sekjen PDIP). Hadir pula ratusan kader dan pengurus partai hadir secara virtual.

Sementara DPP PDIP Bidang Kelautan dan Perikanan yang menjadi penjuru program itu, diwakili Ketua DPP Rokhmin Dahuri. 

Pencanangan program stunting ini, secara simbolis dengan membagikan bibit ikan kepada pembudidaya yang menjadi binaan partai berlambang kepala banteng itu. Sejumlah kepala daerah menerima bibit ikan, seperti Gubernur Maluku Murad Ismail, Wakil Gubernur Bengkulu Rosjonsyah, serta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. 

Laporan: Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya