Dorong Erick Thohir Nyapres 2024, Santri Jatim: Revolusioner

Santri dari 38 kabupaten/kota Jawa Timur bergerak dukung Erick Thohir.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Santri dari 38 kabupaten/kota Jawa Timur inisiatif membentuk Relawan Samudra Etho atau Santri Muda Nusantara untuk Erick Thohir. Gerakan ini sebagai bentuk dukungan terhadap Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir agar bersedia maju di Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024.

Sidang Sengketa Pilpres di MK, Bawaslu Sebut Jokowi Bagi-bagi Bansos Tak Langgar Netralitas

Koordinator Relawan Samudera Etho Jatim, Abul Ala Almaududi menyampaikan alasan memilih sosok Erick. Dia menyebut figur pengusaha nasional itu selalu berhasil  menjalankan tugas-tugas yang diamanahkan Presiden Jokowi. Pun, figur Erick juga dianggap peduli terhadap kalangan santri. 

“Kami menyaksikan Bapak Erick Thohir telah bekerja menjalani tugas sebagai Menteri BUMN RI, membantu pemerintahan Presiden Jokowi. Mewakafkan diri untuk NKRI dan berhasil dengan terobosan-terobosan revolusioner, program-program inovatif yang berpihak kepada masyarakat," kata Abul, dalam keterangannya, Jumat, 28 Januari 2022.

Cak Imin Dikabarkan Maju Pilgub Jatim, PKB Ingin Fokus di MK Dulu: Tidak Lama Hanya 14 Hari

Dia menjelaskan gerakan santri ini murni tergerak dari akar rumput. Ia mengaku tak ada dorongan dari pihak tertentu.

"Kami tidak ada dorongan dari pihak manapun, gerakan ini pure dari bawah karena santri sangat mengetahui Pak Erick Thohir memiliki kepedulian yang tinggi kepada pondok pesantren, santri dan umat Islam," jelasnya.

Momen Ketua MK Semprot Kuasa Hukum KPU yang Puji-puji Hasyim Asy'ari

Erick Thohir Menteri BUMN

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Kemudian, Abul menambahkan dengan rekam jejak sebagai Ketum Masyarakat Ekonomi Syariah, Erick dinilai memiliki berbagai program dan kebijakan yang mampu meningkatkan kualitas santri serta perkembangan pesantren. 

Dia menyebut contohnya seperti Program Santri Magang dan Program 2000 Pertashop untuk meningkatkan kemandirian ekonomi pondok pesantren. 

Selain itu, Erick juga menggagas program #MuslimLeaderpreneur untuk memberikan pendampingan terhadap sektor UMKM umat. Program tersebut mencakup bantuan permodalan, pendampingan dan pelatihan di bidang kewirausahaan.

Dia menilai Erick juga sebagai sosok yang terus mendorong generasi muda agar mampu bersaing di era teknologi. Selain itu, Erick mampu melakukan transformasi di dalam tubuh BUMN melalui digitalisasi dan pembenahan sumber daya manusia atau SDM.

Maka itu, Abul menekankan pesta politik 2024 jadi momen tepat untuk Erick maju dan meneruskan kepemimpinan Presiden Jokowi.

"Kami dari kalangan santri seluruh Jawa Timur melihat sudah saatnya Bapak Erick Thohir mengisi ruang pengabdian dengan amanat yang lebih besar dan skala yang lebih luas. Dengan menjadi Presiden periode 2024-2029 untuk mewujudkan Indonesia emas yang merdeka berdaulat,” sebut Abul.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya