Operasi Pasar di Salatiga, Airlangga Dikerumuni Emak-emak Pedagang

Menteri Koordinator Perekonomian sekaligus Ketum Golkar AIrlangga Hartarto
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melakukan operasi pasar di Salatiga, Jawa Tengah untuk memantau pasokan barang dan stabilitas harga kebutuhan pokok, Sabtu, 29 Januari 2022. Namun, lucunya Ketua Umum Partai Golkar itu jadi daya tarik emak-emak pedagang dan pembeli di pasar.

Pembongkaran Pasar Kutabumi Diwarnai Kerusuhan, Sejumlah Orang Mengalami Luka-luka

Momen itu saat Airlangga tak lama memasuki area pasar kemudian sejumlah pedagang dan emak-emak tanpa canggung menghampirinya. Bahkan, beberapa di antaranya hanya sekadar minta sekadar foto bareng.

Salah seorang emak-emak itu juga menyampaikan terimakasih karena harga minyak goreng saat ini sudah turun kembali.

Israel-Iran Memanas, BI Catat Modal Asing Kabur dari Indonesia Rp 21,46 Triliun

“Terima kasih Pak Airlangga. Alhamdulillah, harga minyak goreng di sini sudah mulai turun harganya,” kata Suparti (54), warga Kecamatan Argomulyo, Salatiga.

Dalam kesempatan itu, Airlangga juga berkeliling dan berdialog langsung dengan sejumlah pedagang dan pembeli di pasar. Usai dialog dengan pedagang, mantan Menteri Perindustrian itu mengatakan operasi pasar merupakan salah satu strategi pemerintah.

Asia Business Council, Menko Airlangga Yakinkan Komitmen Indonesia Mempercepat Pembangunan Ekonomi

Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto

Photo :
  • Istimewa

Menurutnya, dengan operasi pasar sebagai cara untuk memastikan stabilitas harga bahan pangan. Selain itu, juga sebagai cara menjaga ketersediaan stok serta keterjangkauan harga bahan pangan untuk seluruh masyarakat.

Airlangga bilang menjaga stabilitas harga bahan pangan agar tetap terjangkau jadi perhatian utama karena dalam beberapa waktu terakhir terjadi kenaikan harga seperti minyak goreng. Dia menyebut selain minyak goreng, ia juga memonitor harga komoditas lainnya seperti beras.

“Salah satunya untuk memastikan harga minyak goreng, serta harga beras dan gula pasir yang tergolong cukup murah,” tutur Airlangga.

Kemudian, eks Anggota DPR itu juga punya cara lain untuk dekat dengan masyarakat. Sebelum meninggalkan Pasar Salatiga, dia sempat membagikan puluhan payung berwarna kuning kepada pengunjung pasar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya