Gus Yaqut Siap Kerahkan 300 Ribu Banser Dukung Hendi Pimpin Jateng

Menag Yaqut Cholil Qoumas saat bersama Wali Kota Semarang Hendra Prihadi
Sumber :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno

VIVA – Menteri Agama yang juga Ketua Umum GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas mendukung penuh Wali Kota Semarang Hendra Prihadi atau Hendi untuk maju di Pilkada Jawa Tengah tahun 2024. Gus Yaqut optimis, Hendi akan memimpin Jawa Tengah sebagai suksesor Ganjar Pranowo yang sudah dua periode memimpin Jateng. 

Stafsus Menag Beberkan Upaya Kemenag Dukung Program Prioritas Pemerintah

Dukungan politikus PKB kepada Hendi, Wali Kota Semarang dari PDI Perjuangan ini bukan tanpa alasan. Yaqut mengaku sudah mengenal dekat Hendi sejak masih menjabat Wakil Bupati Rembang.

Hendi, kata Yaqut, merupakan orang pertama yang menyambanginya setelah memenangi Pilkada Kabupaten Rembang pada tahun 2005.

Menag Terbitkan Edaran, Penyuluh Agama dan Penghulu Diminta Dukung 4 Program Prioritas Pemerintah

"Saya ingat bahwa Mas Hendi ini tamu pertama saya, ketika saya memenangi pilkada tahun 2005 dulu di Rembang, itulah Mas Hendi. Waktu itu Mas Hendi sebagai ketua KNPI datang, ingin belajar bagaimana cara menang pilkada, bilang beliau. Dan saat ini beliau membuktikan dua periode menjadi wali kota, yang Insya Allah nanti mendapatkan tugas baru yang lebih menantang," kata Gus Yaqut saat kunjungan di Semarang, Selasa, 8 Februari 2022.

Gus Yaqut bahkan terang-terangan menyiapkan 300 ribu anggota Banser Jawa Tengah untuk mendukung Hendi di pencalonan Gubernur Jawa Tengah mendatang. 

Menag Ingatkan Umat Islam soal Perjuangan Politik Pemilu 2024 Sudah Selesai

"Hendi akan memimpin Jawa Tengah. Tidak perlu khawatir mengukur kekuatan di Jawa Tengah, karena saya siap menggerakkan 300.000 Banser untuk menjadi pasukan. Mas Hendi akan memimpin kita semua di Jawa Tengah, saya yakin itu dan saya siap menjadi pasukannya Mas Hendi," tegas Yaqut.

Seperti diketahui, Hendi meskipun sebagai kader PDI Perjuangan, ia dikenal cukup dekat dengan jaringan Kiai Nahdlatul Ulama di Jawa Tengah.

Laporan: Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya