Panja Vaksinasi Diminta Serius Bekerja

Sentra Vaksin ANTV dan tvOne. (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • ANTV

VIVA – Direktur Eksekutif Indonesia Public Institute (IPI), Karyono Wibowo mendukung telah dibentuknya Panitia Kerja (Panja) Pengawasan Vaksin di Komisi IX DPR-RI. Namun dia meminta agar panja yang telah dibentuk ini serius dalam bekerja.
 
"Sudah benar dibentuknya Panja Vaksin. Namun saran saya agar panja yang dibentuk ini lebih serius dan bekerja keras, karena menyangkut nasib rakyat banyak terutama masyarakat muslim yang menanti adanya vaksin halal," katanya saat dihubungi wartawan, Rabu 9 Februari 2022.

5 Syarat Kucing Peliharaanmu Sudah Bisa Divaksin Biar Tetap Sehat

Selain itu dia juga meminta agar panja melakukan pengawasan jangan hanya sekedar lip service. Apalagi ini Panja Pengawasan Vaksin sudah terbentuk sejak 20 Januari 2022.

"Harus ada akselerasi, apalagi kita tengah menghadapi omicron yang setiap hari korban positif terus naik," tegasnya.

WHO Peringatkan Ancaman Wabah Penyakit yang Serang Anak-anak di 2024

DPR Bentuk Panja Vaksin

Seperti diketahui, Komisi IX telah membentuk Panja Pengawasan Vaksin untuk mengevaluasi pelaksanaan vaksinasi yang tengah digencarkan pemerintah. Panja ini bakal melakukan evaluasi atas pengadaan, anggaran, distribusi hingga aspek kehalalan vaksin.

Kasus Demam Berdarah Meningkat, Kapan Vaksin DBD Siap?

Anggota Komisi IX DPR-RI Irma Suryani Chaniago mengatakan agenda panitia kerja (Panja) Pengawasan Vaksin masih terus berlangsung. Selain itu dia juga mengatakan rapat Panja Vaksinasi masih terus digelar hingga saat ini.

Tak hanya Irma, anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PKB Nur Nadlifah juga menyampaikan panja ini akan tetap fokus mengawal program vaksinasi. Pembahasan Panja Vaksinasi ini, menurut Nadlifah, akan fokus kepada pengadaan, distribusi, proses dan juga perihal vaksin halal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya