8 Kursi Hilang, Zulkifli Hasan Blusukan ke Jawa Tengah

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, blusukan ke Jawa Tengah didampingi Eko Patrio.
Sumber :
  • Dok. PAN.

VIVA - Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan datang ke Jawa Tengah untuk melakukan safari politik. Sepanjang 2021-2022, Zulkifli sudah tiga kali keliling Jateng.

MK Tolak Gugatan Anies dan Ganjar, Yandri: Jangan Provokasi Rakyat Lagi

Jateng Istimewa untuk PAN

“Jateng istimewa untuk PAN. Kami memperkuat basis, membangun kepengurusan yang kuat, dan bersilaturahmi kepada semua elemen di Jateng,” kata Zulkifli, Kamis, 10 Februari 2022.

Elektabilitas Irjen Ahmad Luthfi Tertinggi di Pilgub Jateng

Mendag sekaligus Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dalam kesempatan tersebut, tokoh yang akrab disapa Zulhas itu didampingi artis sekaligus Anggota Komisi VI DPR Eko Patrio, Selebgram yang juga istri Pasha Ungu yakni Adelia Pasha hingga putri tercinta Futri Zulya.

MK Nyatakan Airlangga dan Zulhas Tak Langgar Kampanye Pilpres 2024

Selain itu, ada juga Wakil Ketua Komisi III DPR Pangeran Khairul Saleh dan Plt Ketua DPW PAN Jateng Zainuddin Maliki.

Datangi Berbagai Elemen Penting

Selain temu kader untuk memperkuat struktur dan jaringan, selama berada di Jateng Zulkifli juga mendatangi berbagai elemen penting.

"Setiap ke daerah, ke manapun, pasti berkunjung ke Pimpinan Wilayah atau Pimpinan Daerah Muhammadiyah setempat," kata Zulkifli.

Tapi, lanjut dia, mereka juga bersilaturahmi ke pesantren NU, para ulama, habaib, dan berbagai elemen lainnya. Ada temu anak-anak muda, berdialog dengan kelompok wirausaha, petani, nelayan, dan lain-lain.

"PAN berada di tengah antar elemen, memastikan mendengarkan keluhan dan aspirasi masyarakat untuk diperjuangkan di parlemen," kata Wakil Ketua MPR itu.

Silaturahmi ke Kepala Daerah

Di setiap kota, Zulkifli dan rombongan bersilaturahmi dengan kepala daerah setempat. Pada hari pertama, saat pertama tiba di Semarang dia bersilaturahmi dengan Bupati Semarang, kemudian ke Batang dan berdiskusi dengan Bupati Batang.

Hari kedua bertemu Walikota Pekalongan dan Bupati Pekalongan. Kemarin ia ke Pemalang dan Purbalingga bertemu kepala-kepala daerahnya juga. Hari ini, dia bertemu Bupati Banyumas dan Cilacap.

"Silaturahmi dengan para kepala daerah ini penting, menitipkan aspirasi masyarakat. Saya titip kepada mereka agar terus berjuang untuk masyarakat yang telah memberikan amanah," kata Zulkifli.

Selain acara-acara resmi, Zulkifli juga kerap mendatangi berbagai tempat. Sebagaimana bisa dilihat di media sosialnya yang aktif, dia tampak nge-vlog dengan komunitas-komunitas anak muda, emak-emak, pengrajin, pengusaha UMKM, dan lainnya. Zulkifli dan rombongan PAN diagendakan ‘blusukan’ di Jawa Tengah hingga akhir pekan.

Apakah langkah ini akan mendongkrak suara PAN pada pileg mendatang?

"Yang jelas PAN terus bekerja dan perkuat barisan. Kami terus konsolidasi. Bekerja yang terbaik untuk masyarakat. Terutama yang sudah percaya dan menitipkan amanah kepada PAN," tutur Zulkifli.

Partai Amanat Nasional kehilangan seluruh kursi DPR di dapil Jawa Tengah pada Pileg 2019 lalu. Posisi politik partai berlambang matahari putih ditengarai menjadi penyebab hilangnya 8 kursi DPR yang diperoleh pada pemilu sebelumnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya