Dukung Cak Imin Maju Capres, Cina Benteng: Murid Ideologis Gus Dur

Warga etnis Tionghoa Komunitas Cina Benteng deklarasi dukung Muhaimin Iskandar.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Deklarasi relawan terus bermunculan di tengah dinamika politik menuju Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Salah satunya dari warga etnis Tionghoa yang tergabung dalam Komunitas Cina Benteng, Kota Tangerang Banten deklarasi mendukung Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

Deklarasi itu disampaikan pada Minggu, 13 Februari 2022 di Kota Tangerang Banten. Koordinator Cina Benteng, Elvan Wicaksono mengatakan sosok Muhaimin layak maju sebagai capres 2024. Dia menyampaikan alasan deklarasi karena Cak Imin dianggap punya pemikiran sama dengan Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

"Saatnya Indonesia mengamanatkan Gus Muhaimin sebagai Presiden RI 2024. Kami menyebutnya sebagai Gus Dur Muda yang meneruskan ajaran Gus Dur," kata Elvan, dalam keterangannya, Minggu, 13 Februari 2022.

Soal PKB Gabung di Pemerintahan Prabowo, Cak Imin: Sudah Cethowelo-welo, Jelas Terpampang

Elvan menyebut dalam politik yang penting adalah kemanusiaan. Ia bilang, figur Muhaimin banyak dipengaruhi oleh pemikiran Gus Dur. Hal ini terkait kemanusiaan serta komitmen dalam nilai demokrasi dan pluralitas. "Dia adalah keponakan sekaligus murid Ideologisnya Gus Dur," tutur Elvan.

Warga etnis Tionghoa Komunitas Cina Benteng deklarasi dukung Muhaimin Iskandar.

Photo :
  • Istimewa
Parpol Anggota KIM Tak Perlu Risau dengan Pertemuan Prabowo-Cak Imin, Kata Elite PKB

Menurut dia, ideologi politik yang diusung PKB dan Muhaimin sebagai cerminan Indonesia yang majemuk dengan visi kebangsaan. Kata dia, dengan visi ini diharapkan bisa mengangkat martabat kemanusiaan, baik dari sisi kelompok mayoritas maupun minoritas. 

“Dalam hal ini Gus Muhaimin konsisten dan nyata dengan langkah politik kebangsaan. Termasuk pembelaan kelompok minoritas untuk martabat kemanusiaan. Kami merasa dekat dan manfaat itu kami rasakan," lanjut Elvan.

Selain itu, dia mengatakan dengan rekam jejaknya, Muhaimin layak diberikan kesempatan memimpin RI. Menurutnya, pengalaman politik Muhaimin di legislatif maupun di eksekutif tidak perlu diragukan lagi.

"Visi politik kesejahteraan untuk kemajuan Indonesia yang beliau sampaikan menjadi harapan bagi kami dan kita semua tentunya," kata Elvan.

Cina Benteng selama ini dikenal sebagai masyarakat keturunan etnis Tionghoa yang tinggal di Tangerang, Banten. Istilah Benteng merujuk bangunan benteng yang dibangun pemerintah kolonial Belanda di kota Tangerang, dekat dengan Sungai Cisadane. 

Adapun Cak Imin digadang-gadang maju jadi capres di Pemilu 2024. Figur Wakil Ketua DPR itu juga masuk dalam bursa capres versi sejumlah lembaga survei.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya