DPR Sahkan Anggota KPU-Bawaslu Terpilih Periode 2022-2027

Petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) memeriksa kelengkapan logistik Pemilu. (Foto ilustrasi)
Petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) memeriksa kelengkapan logistik Pemilu. (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

VIVA – DPR mengesahkan tujuh anggota KPU dan lima anggota Bawaslu terpilih periode 2022-2027. Keputusan diambil melalui rapat paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, 18 Februari 2022.

Sebelum mengambil keputusan, Ketua Komisi II DPR, Ahmad Doli Kurnia menyampaikan hasil laporan proses uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terhadap calon anggota KPU-Bawaslu. Proses uji kelayakan dan kepatutan digelar 14-16 Februari 2022.

Setelah itu, Ketua DPR Puan Maharani yang memimpin paripurna menanyakan kepada seluruh anggota dewan yang hadir secara fisik dan daring. Puan bertanya apakah bisa menyetujui dipilihnya tujuh anggota KPU dan lima anggota Bawaslu periode 2022-2027.

"Perkenankan kami menanyakan kepada sidang dewan terhormat apakah laporan Komisi II DPR RI terhadap hasil uji kelayakan atau fit and proper test calon anggota KPU dan calon anggota Bawaslu masa jabatan tahun 2022-2027 dapat disetujui?" tanya Puan.

"Setuju," jawab para anggota dewan.

Ketua DPR Puan Maharani menyampaikan pidato pengantar dalam rangka Sidang Bersama DPR-DPD di Ruang Rapat Paripurna, Komplek Parlemen, Jakarta.

Ketua DPR Puan Maharani menyampaikan pidato pengantar dalam rangka Sidang Bersama DPR-DPD di Ruang Rapat Paripurna, Komplek Parlemen, Jakarta.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Setelah para anggota KPU dan Bawaslu tersebut ditetapkan dalam paripurna, DPR selanjutnya akan berkirim surat ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar segera melantik mereka.

Dalam paripurna kali ini, anggota dewan yang hadir secara fisik sebanyak 39 orang. Sementara, 229 anggota dewan mengikuti secara virtual. Lalu, 30 lainnya izin. Sisanya bolos alias absen. 

"Menurut catatan dari Sekretariat Jenderal DPR RI, daftar hadir pada permulaan Rapat Paripurna DPR RI hari ini telah ditandatangani oleh hadir fisik 39 virtual 229 izin 30 orang sehingga jumlah yamg hadir pada hari ini adalah 298 orang," kata Ketua Puan saat memimpin paripurna. 

Sebelumnya, Komisi II usai uji kelayakan dan kepatutan menggelar pleno untuk menetapkan calon anggota KPU dan Bawaslu..

Tujuh anggota KPU baru yang terpilih yakni Betty Epsilon Idroos, Hasyim Asy'ari, Mochammad Afifuddin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik dan August Mellaz.

Sementara, untuk lima anggota Bawaslu RI adalah Lolly Suhenty, Puadi, Rahmat Bagja, Totok Haryono dan Herwyn Jefler Hielsa Malonda.