Empat Pasang Lolos Maju di Pilkada Gowa

Pilkada Jatim
Pilkada Jatim
Sumber :
  • Antara/Saiful Bahri

VIVAnews -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gowa mengumumkan hasil verifikasi akhir untuk calon Bupati dan Wakil Bupati Gowa yang akan bertarung di pemilihan kepala daerah Juni 2010 mendatang.

Dari lima pasangan, KPU Gowa menetapkan hanya empat pasangan yang lolos. Sedangkan satu pasangan lainnya digugurkan karena jumlah pendukung yang tidak memenuhi syarat.

Keempat pasangan tersebut adalah pasangan incumbent, Ikhsan Yasin Limpo-Abdul Razak Bajidu, pasangan Andi Maddusila Idjo-Jamaluddin Rustam, Ahmad Pidris Zain-Abdul Ravy Rasyid serta pasangan Andi Mappaturung-Burhanuddin Matakko.

Ketua KPU Gowa, Hirsan Bachtiar menegaskan, satu-satunya pasangan yang tidak lolos pada tahap verifikasi adalah pasangan Syarifuddin Tembo-Muhammad Lutfi.

Pasangan yang mengusung sebagai calon perseorangan, hanya mendapat dukungan sah sekitar 24 ribu dari 55 ribu pendukung yang dimasukkan.

"Artinya dukungan yang tidak sah sekitar 30 ribu, sedangkan persyaratan dukungan harus 27.828," tegas Hirsan saat menyampaikan hasil pleno KPU Setempat, kemarin.

Ia menambahkan, empat pasangan yang nantinya akan maju terdiri dari dua pasangan diusung oleh partai politik dan dua lainnya adalah calon independen atau perseorangan.

Tercatat dua pasangan yang diusung oleh partai politik adalah pasangan Ichsan YL-Abdul Razak Badjidu dan Andi Maddusila Idjo-Jamaluddin Rustam. Sementara calon perseorangan adalah Ahmad Pidris-Andi Ravi Rasyid dan Andi Mappaturung-Burhanuddin Matakko.

Dalam catatan KPU, pasangan incumbent, Ichsan YL-Razak Badjidu didukung 11 partai dengan persentase dukungan sekitar 73 persen. Pasangan Andi Maddusila Idjo-Jamaluddin Rustam juga diusung oleh 11 partai politik atau sekitar 15,50 persen.

Ichsan cukup banyak mendapat dukungan sebab partai yang mendukung juga berasal dari partai besar. Yakni koalisi Golkar, Demokrat, PDK, PAN, dan lainnya.

Andi Maddusila Idjo juga didukung oleh 11 partai yang termasuk dalam partai gurem dan non parlemen. Partai-partai tersebut adalah PKB, dan PKS. Selebihnya adalah partai non kursi.

Sementara pasangan perseorangan, pasangan Ahmad Pidris-Abdul Ravi Rasyid itu memperoleh dukungan sekitar 29.200 suara. Kemudian pasangan Andi Mappatunru-Burhanuddin Matakko meraih dukungan sekitar 31 ribu.

"Dari verifikasi faktual, keempat pasangan ini sudah tidak ada masalah dan tinggal menunggu proses pemilukada selanjutnya," terang Hirsan Bachtiar kepada wartawan. (umi)

Laporan: Rahmat Zeena | Makassar