Seniman dan Dalang Nusantara Dukung Ganjar Jadi Capres 2024

Seniman tradisional dan dalang nusantara dukung Ganjar Pranowo jadi capres.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dapat dukungan maju jadi capres di Pilpres 2024. Deklarasi dukungan kali ini disampaikan Perkumpulan Seniman Tradisional dan Dalang Nusantara.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Selain deklarasi, dilakukan juga pertunjukan wayang yang diinisiasi relawan pendukung Ganjar, Sahabat Ganjar. Upaya ini dilakukan menyesuaikan amanat Rapat Kerja Nasional atau Rakernas Sahabat Ganjar.

Perwakilan Perkumpulan Senimat Tradisional dan Dalang Nusantara, Ki Saparjan Mas Dalang Gaul menyampaikan pertunjukan wayang ini dihelat di di Pondok Pesantren Nurul Jalal, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu 5 Maret 2022.

Jubir Anies Sebut Pembubaran Timnas Amin Tak Jadi Digelar Hari Ini, Lalu Kapan?

Dalam kesempatan tersebut, Ki Saparjan Mas Dalang Gaul yang juga merupakan perwakilan Perkumpulan Senimat Tradisional dan Dalang Nusantara membacakan deklarasi dukungan. 

Ki Saparjan mengaku siap mengkoordinasikan komunitasnya untuk bantu promosikan Ganjar sebagai sosok yang layak jadi capres 2024. Ia mengatakan siap mengawal dan mengkampanyekan Ganjar langsung ke masyarakat.

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

"Kami siap berjuang dan mensosialisasikan, mengkampanyekan dan membela Ganjar Pranowo kepada masyarakat bangsa Indonesia. Kami berharap semoga Allah subhana huwataala memberikan ridho dan barokah-Nya terhadap kita semua," kata Ki Saparjan, dalam keterangannya, Minggu, 6 Maret 2022.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Photo :
  • Teguh Joko Sutrisno/ VIVA.

Saat pembacaan deklarasi itu diikuti juga para seniman tradisional dan dalang wayang dari berbagai daerah. Pun, selaku tuan rumah sekaligus pimpinan Pondok Pesantren Nurul Jalal, Wahyu Misbach juga hadir.

Kemudian, anggota Mubaligh Indonesia Bersatu dan santri dan pengurus Ponpes Nurul Jalal turut hadir. Sementara, lakon yang diusung dalam pagelaran kali ini yaitu kisah pewayangan berjudul ‘Petruk Dadi Ratu’.

Ketua DPD Sahabat Ganjar DKI Jakarta, Imron Rosyidi mengatakan pertunjukan wayang itu terinspirasi dari sosok Ganjar yang doyan menonton dan dukung pelestarian wayang. Bagi dia, relawan akan berupaya menyesuaikan rekam jejak Ganjar.

Dia menambahkan, dengan menggelar pertunjukan wayang memperlihatkan Sahabat Ganjar ikut mendukung pelestarian seni tradisional.

"Sebagai relawan pendukung Ganjar Pranowo, maka Sahabat Ganjar harus mengikuti rekam jejak dari Bapak Ganjar Pranowo yang mempertahankan Wayang," kata Imron.

Sahabat Ganjar juga berharap cara pelestarian budaya wayang ini bisa diikuti perwakilan Sahabat Ganjar di daerah lain. Salah satunya bisa mendekatkan kesenian tradisional asli Indonesia itu dengan kalangan generasi muda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya