Pertemuan Cak Imin dengan Komisioner KPU-Bawaslu Dinilai Tak Beretika

Komisioner KPU-Bawaslu periode 2022-2027 bertemu dengan Cak Imin.
Komisioner KPU-Bawaslu periode 2022-2027 bertemu dengan Cak Imin.
Sumber :
  • Instagram @cakiminnow

VIVA – Pertemuan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dengan komisioner KPU dan Bawaslu menuai reaksi publik. Momen pertemuan itu dinilai tak rasional.

Pengamat politik dari Lingkar Madani Indonesia (Lima), Ray Rangkuti menilai, pertemuan Cak Imin dengan para penyelenggara Pemilu tersebut memalukan.

“Mengapa? Tidak jelas alasan rasional dan etika yang mendasari pertemuan tersebut. Apa maksud, untuk apa dan bertujuan apa pertemuan tersebut,” kata Ray kepada awak media, Senin, 14 Maret 2022.

Menurut dia, diundang ketum parpol untuk sekadar berbincang-bincang akan memberi efek negatif terhadap para komisioner KPU-Bawaslu. Dia mengingatkan KPU-Bawaslu mesti menjaga independensinya sebagai lembaga penyelenggara pemilu.

"Lagi pula, etika penyelenggara negara tidak begitu saja dapat bertemu dengan bakal calon peserta jika tidak atas kepentingan pelaksanaan pemilu sendiri," jelasnya.

Ray Rangkuti, pengamat politik pada lembaga Lingkar Madani Indonesia.

Ray Rangkuti, pengamat politik pada lembaga Lingkar Madani Indonesia.

Photo :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

Ray menambahkan, proses pemilihan Komisioner KPU-Bawaslu periode 2022-2027 juga menuai kritik masyarakat lantaran minim tranparansi. Pertemuan tersebut, dapat menambah timbunan kecurigaan publik terkait isu penundaan Pemilu 2024.

Halaman Selanjutnya
img_title