Megawati Ingin Kader Partainya Pahami Fighting Spirit Bung Karno

Megawati Soekarnoputri Dalam Pembekalan Kader Partai
Sumber :
  • PDI Perjuangan

VIVA – Megawati Soekarnoputri meminta para kadernya untuk peka terhadap kondisi rakyat. Maka dikatakan oleh Ketum PDIP tersebut, kader harus turun ke bawah agar dapat menyelesaikan persoalan masyarakat dengan tepat.

Prabowo Tegaskan Bung Karno Milik Rakyat, Bukan Milik Satu Partai

Dia meminta agar upaya menyelesaikan persoalan rakyat dengan memakai metode berpikir yang biasa digunakan Proklamator sekaligus pendiri Republik, Soekarno atau Bung Karno.

Hal itu disampaikan Megawati saat membuka Pelatihan Kader Nasional PDIP Angkatan II 2022 yang diikuti perwakilan dari seluruh pengurus PDIP tingkat provinsi dari seluruh Indonesia. Pelatihan dilakukan di Sekolah Partai PDIP di Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Senin 21 Maret 2022. 

PDIP Kritik Ide Penambahan Kementerian: Bagi-bagi Kekuasaan Berdampak Pemborosan Anggaran

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto turut hadir bersama dengan pimpinan partai lainnya seperti Komaruddin Watubun, Djarot Saiful Hidayat, Ribka Tjiptaning, Hamka Haq, Eriko Sotarduga, Sri Rahayu, Mindo Sianipar, Rudianto Tjen. Juga hadir jajaran Badiklat PDIP yang dipimpin ketuanya, Daryatmo Mardiyanto. Sementara Megawati hadir secara virtual dari kediaman di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat.

Dengan turun ke bawah, Megawati mengatakan kader akan bekerja keras karena banyak yang bisa dikerjakan. Dia juga meminta agar mau mengambil inisiatif menjalankan organisasi, tanpa harus menunggu instruksi.

Siap Gusur Dominasi PKS, 6 Parpol Rajut Koalisi Demi Menangkan Pilkada Depok 2024

Keberhasilan partai di pemilu dengan mengantarkan kadernya ke eksekutif dan legislatif, harus tetap bergerak bersama rakyat. Berupaya menyelesaikan persoalan rakyat untuk pembangunan masa depan.

"Jangan berhenti di zona nyaman," tegas Megawati.

Megawati mengajak kader untuk memahami dan mewarisi pemikiran Bung Karno, dan punya fighting spirit. Selain itu agar para kader tidak gampang menyerah bila menghadapi suatu masalah.

"Sehingga memiliki fighting spirit yang memahami perjuangan dan pengalaman Bung Karno. Dengan spirit itu menyatu dengan rakyat," ucap Megawati.

"Cara berpikir beliau yang membumi nggak neko-neko. Kader PDI Perjuangan harus meneruskan perjuangan Bung Karno," tambah Megawati.

Megawati meminta para kadernya untuk bertanya kepada diri sendiri. Dia juga meminta untuk mau dan mampu melihat perkembangan global. termasuk memahami geopolitik.

Sementara Sekjen PDIP Hasto mengatakan, inti pengarahan Megawati adalah agar kader disiplin tidak menjadi beban bagi organisasi partai.

"Ibu Megawati meminta kader untuk bertanya kepada diri sendiri dan tekadnya sebagai kader partai termasuk menjelaskan bagaimana cara berpikir Bung Karno dan perjuangan untuk rakyat, bangsa dan negara, bahkan dunia, harus dipahami seluruh kader," kata Hasto. 

"Sehingga memiliki fighting spirit yang memahami perjuangan dan pengalaman Bung Karno. Dengan spirit itu menyatu dengan rakyat lalu, terus bergerak bersama rakyat, menyelesaikan persoalan rakyat dan melakukan pergerakan membangun masa depan bangsa," lanjut Hasto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya