Immanuel Ebenezer Dicopot, Relawan: Pejabat Dilarang Dukung Terorisme

Ketua Relawan Jokowi Mania (JoMan) Immanuel Ebenezer.
Ketua Relawan Jokowi Mania (JoMan) Immanuel Ebenezer.
Sumber :
  • VIVAnews/ Syaefullah.

VIVA – Koordinator Penggerak Milenial Indonesia (PMI), M. Adhiya Muzakki mendukung pencopotan Ketua Jokowi Mania (JoMan) Immanuel Ebenezer (Noel), dari posisi Komisaris Independen PT Mega Eltra. Pencopotan tersebut menunjukkan Menteri BUMN Erick Thohir ingin mencegah paham teroris masuk.

Sebab, Noel sempat menjadi saksi ahli dalam sidang kasus tindak terorisme dengan terdakwa Munarman. Dalam kesempatan itu, Noel menjadi saksi yang meringankan.

"Pak Menteri tentu berusaha untuk mencegah radikalisme, Noel dalam posisinya selaku saksi ahli Munarman cenderung mengarah pada hal tersebut," kata Adhiya kepada wartawan, Rabu 24 Maret 2022

Adhiya memberikan catatan bahwa pemecatan Noel sebagai komisaris perusahaan anak usaha BUMN tidak dilakukan oleh Kementerian BUMN langsung. Melainkan oleh induk perusahaan yang bersangkutan, dalam hal ini PT Pupuk Indonesia.

"Pemecatan Noel sebagai komisaris perusahaan anak usaha BUMN tidak dilakukan oleh Kementerian BUMN langsung, melainkan oleh induk perusahaan yang bersangkutan," ujar Adhiya.

Lebih lanjut, Adhiya turut berkomentar terkait seorang pejabat negara dilarang menjadi simpatisan maupun anggota. Dilarang juga memberi dukungan langsung maupun tidak langsung yang mengarah pada tindakan terorisme.

"Pejabat negara dilarang menjadi simpatisan maupun anggota, memberi dukungan pada tindakan terorisme, dan hal itu dilanggar oleh Noel," kata Adhiya.