Ketum Projo Hadir Acara Apdesi, Bantah Beri Arahan Jokowi 3 Periode

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Budi Arie Setiadi
Sumber :
  • ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Ketua Umum kelompok relawan Pro Jokowi (Projo), Budi Arie Setiadi mengaku tak mengetahui seruan dukungan Jokowi 3 periode yang sempat menggema di acara Silaturahmi Nasional (Silatnas) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi). Budi yang sempat hadir dalam acara tersebut pun buka suara.

Ketua Umum Projo Isyaratkan Mesti Ada Parpol di Luar Pemerintahan Prabowo-Gibran

Budi mengatakan dirinya diundang pada acara tersebut sebagai Wakil Menteri Desa (Wamendes). Hadir pula Presiden Jokowi yang menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan dana desa.

"Saya diundang sebagai Wamendes PDTT, yang memang merupakan kementerian yang tupoksinya adalah soal pemajuan desa. Selain saya, Menteri Desa juga diundang. Ada juga Mensesneg Pratikno juga hadir. Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan 4 hal yang semuanya berkaitan langsung dengan tupoksi Kemendes yakni mengenai dana desa," kata Budi Arie Setiadi kepada wartawan, Selasa 5 April 2022.

PDIP Gugat KPU ke PTUN, Pentolan Projo: Silakan Challenge Aja Semua

Budi menyebutkan jika teriakan sejumlah kepala desa yang mendukung 'Jokowi 3 periode' dilakukan di luar acara resmi. Dia menilai, seruan itu sebagai bentuk aspirasi para kepala desa kepada Presiden Jokowi.

"Adapun pernyataan mengenai seruan untuk Jokowi 3 periode itu dilakukan di luar acara resmi. Saya memandang itu semata-mata aspirasi politik warga negara, dan hal itu bukan bagian dari acara," sebutnya.

Beras untuk Warga Miskin di Lombok Dikorupsi

Karena itu, dia menyerahkan persoalan aspirasi politik 'Jokowi 3 periode' tersebut kepada Apdesi. Dia pun mengaku tak mengetahui seruan tersebut.

"Soal aspirasi politik Jokowi 3 periode semestinya ditanyakan ke Apdesi ataupun para peserta acara, yakni kepala desa yang hadir, karena saya sama sekali tidak tahu-menahu soal hal tersebut," ungkap Budi.

Diketahui, para kepala daerah yang tergabung dalam DPP Apdesi menggelar Silaturahmi Nasional Desa 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa, pada 29 Maret 2022 lalu. Belakangan diketahui, jika acara itu perhatian usai muncul seruan dari para kades yang mendukung perpanjangan masa jabatan Presiden Jokowi menjadi 3 periode.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya