DPD Dukung Usulan Pembentukan Provinsi Maluku Tenggara Raya

Teras Narang
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf

VIVA – Senator asal Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang menyatakan bahwa DPD RI sebagai wakil daerah, pada dasarnya dan secara prinsip, selalu mendukung keinginan dan aspirasi masyarakat tentang pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB).

Ikut UU MD3, Airlangga Tegaskan Golkar Tak Incar Kursi Ketua DPR

Dukungan DPD RI itu tentunya jika DOB sesuai kepentingan strategis nasional dan tidak bertentangan dengan konstitusi, kata Teras Narang menyikapi usulan Provinsi Maluku Tenggara Raya dalam Workshop Kebijakan Penataan Daerah yang digelar oleh Pusat Studi dan Kajian Otonomi Daerah Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia dalam keterangan resminya diterima di Palangka Raya, Selasa, 5 April 2022.

"DOB itu juga harus memadai dalam mendapat dukungan fiskal, berpotensi mandiri, serta mengacu pada Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan Daerah," tambah dia.

Jawaban Kocak Komeng Dilirik Maju Pilkada Depok: Pelantikan, Makanya Pelan Banget

Meski secara prinsip memberi dukungan, DPD RI menerima informasi dari Kemendagri bahwa Peraturan Pemerintah (PP) terkait Penataan Daerah yang jadi instrumen pembentukan DOB, masih dalam proses harmonisasi dengan Kemenkumham. Kondisi negara Indonesia saat ini, terutama masalah ekonomi akibat pandemi COVID-19, pun makin tidak mendukung pembentukan DOB.

"Kondisi fiskal Indonesia saat ini sedang difokuskan pada perbaikan ekonomi. Jadi, moratorium terhadap pembentukan DOB masih tetap diperlakukan sampai sekarang," kata Teras.

Elite PDIP Percaya Golkar Tak Akan Nekat Revisi UU MD3

Gedung MPR, DPR dan DPD. (Foto ilustrasi).

Photo :
  • vivanews/Andry

DPD telah menerima 173 usulan DOB. Menuru Direktur Penataan Daerah, Otsus dan DPOD Kemendagri Valentinus Sudarjanto Sumito, pemerintah menerima 329 Usulan DOB. Dalam usulan itu sebanyak 55 DOB setingkat provinsi, 237 setingkat Kabupaten, dan sisanya setingkat kota. Dari seluruh usulan, hanya provinsi DKI Jakarta, DIY dan Bali yang tidak memiliki usulan.

Gubernur Kalimantan Tengah periode 2005-2015 itu menyebut, keinginan membentuk DOB merupakan aspirasi masyarakat sekaligus konsekuensi dari demokrasi. Ditambah lagi, DOB menjadi penting karena banyak aspek, salah satunya kondisi geografis antara pusat pemerintahan dan sebaran penduduk yang relatif jauh, sehingga menyulitkan akses layanan publik.

Aspek lainnya akibat adanya ketimpangan kondisi sosial ekonomi daerah, lemahnya daya saing daerah karena tidak efektif dalam koordinasi dengan wilayah, wilayah berada di daerah perbatasan atau terluar serta terdepan atau masuk wilayah strategis nasional, serta alasan menjaga keunikan adat, tradisi dan daerah.

"Terpenting sekarang ini, usulan pembentukan DOB itu harapannya tetap berkaitan dengan kepentingan strategis nasional, dan bukan demi atau kepentingan kekuasaan semata," kata Teras Narang. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya