DPRD Usul Pemberhentian Gubernur-Wagub Banten ke Jokowi

Gubernur dan Wakil Gubernur Banten, Wahidin Halim (kiri) dan Andika Hazrumi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

VIVA – Usulan pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur Banten periode 2017-2022 tengah diproses DPRD Banten. Usulan pemberhentian itu karena masa jabatan Wahidin Halim dan Andika Hazrumy akan selesai pada pertengahan Mei 2022. 

Ketua DPRD Minta Pemprov DKI Perbaiki Kualitas APBD, Singgung Permukiman Kumuh

Kursi Gubernur Banten nanti diisi Pejabat Sementara (PJs) yang ditunjuk pemerintah pusat. Pjs Gubernur Banten ini mengisi jabatan hingga 2024 mendatang.

"Berkenaan dengan masa akhir jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur maka DPRD Provinsi Banten melakukan pengumuman pemberhentian melalui rapat paripurna DPRD," kata Ketua DPRD Banten, Andra Sony kepada wartawan, Rabu, 6 April 2022.

Perbaiki Dop Lampu, Anggota DPRD Kubu Raya Meninggal Dunia

Andra menyampaikan hasil paripurna DPRD Banten diusulkan dan disampaikan kepada Presiden Jokowi melalui Menteri Dalam Megeri (Mendagri). Hasil itu disampaikan paling lambat 30 hari sebelum masa jabatan Wahidin dan Andika berakhir.

Gubernur Banten, Wahidin Halim

Photo :
  • ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman
Pj Gubernur Agus Fatoni Sampaikan 6 Raperda Sumsel di Depan DPRD, Apa Saja?
 

Untuk diketahui, Wahidin Halim dan Andika Hazrumy akan mengakhiri masa jabatannya sebagai Gubernur dan Wagub Banten tanggal 12 Mei 2022 atau tersisa sekitar 35 hari lagi.

Adapun berkas usulan pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur sudah ditandatangani para pimpinan DPRD. Menurut dia, hal itu akan segera disampaikan ke Mendagri dalam waktu dekat ini. 

"DPRD mempunyai tugas dan wewenang mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian Gubernur, Wakil Gubernur Banten kepada Presiden," jelasnya.

Terkait itu, Andika Hazrumy, mengatakan bahwa dirinya akan kembali beraktivitas biasa di masyarakat setelah berhenti sebagai Wagub Banten. Dia mengaku dengan tak menjadi Wagub Banten lagi, ia memiliki banyak waktu luang seperti berkumpul dengan keluarga.

"Akan kembali ke masyarakat. Banyak yang bisa dilakukan, bisa mengajar dan sebagainya," ujar Andika.

Meski demikian, ia mengaku belum terpikirkan untuk mencalonkan diri lagi maju di Pilkada 2024. Baik itu maju sebagai Cagub atau Cawagub Banten.

Dia mengatakan masih akan melihat kondisi masyarakat Banten sebelum menentukan pilihannya.

"Yang jelas nanti saya jadi punya lebih banyak waktu untuk bersilaturahmi dengan masyarakat," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya