Silaturahmi ke Ponpes Al Munawir Krapyak, AHY: Pak SBY Titip Salam

Ketum Demokrat AHY saat silaturahmi ke Ponpes Al Munawir Krapyak
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menggelar safari politik Ramadhan di Yogyakarta. Salah satu tujuannya silaturahmi dengan keluarga pendiri pondok pesantren atau Ponpes Al Munawir Krapyak.

Mimpi Jakarta LavAni Hattrick Juara Proliga

Kedatangan AHY disambut langsung Ibu Nyai Hj. Ida Fatimah Zainal yang merupakan istri dari almarhum Mbah Kyai Zainal. Adapun Kyai Zainal merupakan putra dari almarhum Muhammad Munawir, pendiri Ponpes Al Munawir Krapyak.

AHY menceritakan sudah lama ingin sowan ke ponpes bersejarah dan tertua di Yogyakarta tersebut. Menurutnya, semasa hidupnya Mbah Kyai Zainal akrab dengan ayah AHY, Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY.

Soal Koalisi Besar, AHY Sebut Prabowo Punya Pertimbangan Matang

“Sudah lama saya ingin ke Krapyak. Namun, baru sekarang ada kesempatannya," kata AHY, dalam keterangan resmi DPP Demokrat dikutip pada Kamis, 7 Februari 2022.

Ketum Demokrat AHY saat silaturahmi ke Ponpes Al Munawir Krapyak

Photo :
  • Istimewa
Jokowi Minta AHY Selesaikan 2.086 Hektar Lahan Bermasalah di IKN Tanpa Ada Korban

Dia bilang, sosok Kyai Zainal dianggap SBY sebagai guru. Begitu pun ibunda AHY, almarhumah Ani Yudhoyono punya kedekatan dengan Ibu Nyai Ida Fatimah.

AHY mengatakan dirinya juga sudah menyampaikan ke SBY akan sowan ke Ponpes Al Munawir.

"Tadi pagi saya juga cerita ke Pak SBY bahwa akan mampir ke sini. Beliau titip salam buat semuanya," tutur AHY.

Sementara, Ibu Nyai menyampaikan rasa senangnya atas kedatangan AHY. Dia mengaku tahu AHY mau mampir setelah ada informasi dari pengurus DPP Demokrat.

“Bahwa Mas AHY akan silaturahmi ke sini, saya sangat senang. Alhamdulillah masih ingat saya, dan almarhum Mbah Zainal," kata Ibu Nyai.

Dia mengatakan dengan silaturahmi yang diinisiasi AHY ini sebagai hal yang baik sebagai sesama muslim. Apalagi, menjaga silaturahmi dengan kerabat dari orangtua. "Silaturahmi menambah umur, menambah rezeki," lanjut Ibu Nyai.

Kemudian, Ibu Nyai dan sejumlah kiai pengasuh ponpes bersama-sama mendoakan almarhumah Ani Yudhoyono dan AHY. Selain itu, mendoakan bangsa Indonesia agar menjadi negeri yang baldatun thoyyibatun wa rabbun ghaffur (makmur, baik dibawah lindungan Allah yang Maha Pengampun).

Sebelum pamit, para santri laki-laki maupun perempuan secara spontan minta foto bersama dengan AHY.

Dalam kunjungan ke ponpes ini, AHY ditemani Wakil Sekretaris Jenderal Agust Jovan Latuconsina, Kepala Departemen Agama dan Sosial DPP Partai Demokrat Munawar Fuad, Kabalitbang DPP Demokrat Tomi Satryatomo. Selain itu, ada Ketua DPD Partai Demokrat DIY Erlia Risti serta Sekretaris DPD Fuad Burhan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya