DPR Ingatkan BEM SI Waspada Penumpang Gelap Demo Mahasiswa

Anggota DPR RI Arsul Sani saat rapat dengar pendapat di DPR
Sumber :
  • DPR RI

VIVA – Wakil Ketua MPR Arsul Sani mengimbau kepada mahasiswa yang tergabung dalam BEM Seluruh Indonesia atau BEM SI akan melakukan unjuk rasa di Gedung DPR, Jakarta, tak melakukan tindakan anarkis. Politikus PPP itu meminta seluruh koordinator mahasiswa untuk memantau keberadaan para peserta unjuk rasanya, sehingga aksi tersebut tidak ditumpangi penumpang gelap.

PA 212 Mau Demo di Depan MK, Lebih dari 3 Ribu Aparat Gabungan Dikerahkan

"Bagi saya yang perlu ditekankan adalah bahwa unjuk rasanya tidak boleh disertai tindakan anarkis. Ini yang mesti diwaspadai oleh adik-adik mahasiswa kita, karena kita sudah juga menyaksikan bahwa unjuk rasa yang berakhir dengan tindakan anarkis itu memang dipicu oleh para penumpang gelapnya," kata Arsul kepada awak media, Senin, 11 April 2022.

Menurut Asrul, aktivitas demonstrasi itu tidak dilarang di negara demokrasi. Sebab hal itu dijamin dalam UUD.

Pj Gubernur Papua Tengah Minta Insiden Demo Penolakan Militerisme di Nabire Jangan Terulang

"Unjuk rasa atau demo itu adalah bagian dari kebebasan berekspresi yang ada aturannya. Karena konsitusi kita memang menyebutkan bahwa di satu sisi kebebasan berekspresi dijamin, tapi di sisi lain itu harus dilaksanakan sesuai dengan ketentuan undang-undang," ujarnya.

Kendati begitu, ia tak mempersoalkan materi yang akan dibawa para mahasiswa dalam unjuk rasa tersebut.

3 Polisi Tumbang Dilempar Batu Massa Demo Ricuh Tolak Militerisme di Papua

"Nah saya sih tidak ingin mempersoalkan materi yang akan dibawa dalam unjuk rasa, karena masyarakat luas juga menilai bahwa itu masuk akal, kontekstual dan merupakan isu rakyat atau bukan," ujarnya.

Instruksi Kapolri

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Sahroni mengingatkan aparat kepolisian yang melaksanakan pengamanan aksi agar mematuhi perintah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo agar humanis saat mengawal dan mengamankan aksi demonstrasi mahasiswa hari ini Senin, 11 April 2022.  

Ketua Panitia Komite Pelaksana Formula E Jakarta Ahmad Sahroni

Photo :
  • DPR RI

Menurut Sahroni, instruksi dari Kapolri ini menunjukkan bahwa Kapolri menjunjung tinggi kebebasan berpendapat setiap warga negara. Sehingga masyarakat tak perlu takut untuk menyampaikan pendapat.
 
"Sejalan dengan Pak Sigit, saya ingin mengingatkan aparat kepolisian agar menjalankan tugasnya dalam memastikan jalannya aksi dengan baik, tertib dan lancar," kata Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Sahroni, kepada wartawan, Senin 11 April 2022

Selanjutnya, Sahroni juga menyampaikan apresiasinya atas ketegasan dari Kapolri yang meminta jajarannya agar tidak arogan dalam mengawal demonstrasi tersebut. Pendekatan yang humanis, kata Sahroni, sangat diperlukan untuk mengawal jalannya aksi tersebut.

"Karena memang pendekatan humanis sangat dibutuhkan untuk mencegah adanya gesekan di lapangan serta menciptakan aksi yang damai," ujar Politikus partai NasDem tersebut

Sahroni berharap agar aparat kepolisian di lapangan betul-betul menjalankan instruksi Kapolri dengan baik. Jangan sampai Polri justru bersikap arogan atau represif kepada massa aksi.

"Menurut saya tindakan humanis dari Polri ini juga bagian dari menjunjung tinggi nilai demokrasi yang ditunjukkan kepolisian Indonesia," ujar Sahroni.

Diberitakan sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan secara tegas kepada seluruh jajarannya untuk mengawal dan mengamankan aksi demonstrasi mahasiswa hari ini.  

Sigit juga meminta kepada jajarannya agar dalam mengawal demo mengedepankan pendekatan humanis. Hal itu dilakukan juga untuk menjaga kesucian Bulan Ramadhan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya