Bursah Ingatkan Anggota KPU-Bawaslu yang Baru Tak Terima Suap

Ketua Umum DPP PGK Bursah Zarnubi.
Sumber :
  • Dok. PGK.

VIVA - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK) Bursah Zarnubi mengingatkan para anggota KPU dan Bawaslu yang baru saja dilantik Presiden Jokowi untuk menjaga dan meningkatkan integritas serta netralistasnya. Alasannya, tugas mereka sangat krusial yaitu menggelar dan mengawasi Pemilu 2024.

Sengketa Pilpres Dinilai Jadi Pembelajaran, Saatnya Prabowo-Gibran Ayomi Semua Masyarakat

Presiden Jokowi Lantik Anggota KPU dan Bawaslu 2022-2027 di Istana Negara

Photo :
  • Tangkapan Layar/ Anwar Sadat

Jaga Kepercayaan Masyarakat

Prabowo Segera Bahas Koalisi Setelah Ditetapkan Jadi Presiden Terpilih Besok

“Ini untuk menjaga kepercayaan masyarakat kepada penyelenggara pemilu,” kata Bursah kepada wartawan, Selasa, 12 April 2022.

Bursah berharap kasus suap yang pernah menjerat salah satu komisioner KPU, Wahyu Setiawan, tidak terulang kembali. Peraturan kode etik penyelenggara juga harus dijunjung tinggi oleh masing-masing komisioner KPU dan Bawaslu.

Terima Kasih ke Tim Hukumnya, Prabowo Subianto Ajak Seluruh Pihak Kembali Bersatu

“Sebab jika tingkat kepercayaan masyarakat menurun maka hal itu juga akan berdampak pada tingkat kepercayaan masyarakat pada proses dan hasil Pemilu 2024,” kata Bursah.

Baca juga: Jokowi Minta Anggota KPU-Bawaslu Langsung Tancap Gas

Soal Dana Pemilu

Selain itu, Bursah juga mengingatkan soal anggaran dana pemilu. Dana sebanyak Rp110 triliun lebih ini harus digunakan secara transparan, berhati hati dan akuntabel.

“Karena penggunaan anggaran besar ini akan selalu diawasi dan disoroti publik. Hindari adanya penyimpangan dan korupsi. Di samping itu, anggota KPU-Bawaslu harus menjaga integritas dan bekerja keras untuk mewujudkan pemilu berkualitas,” kata Bursah.

Lebih lanjut, Bursah juga berharap mereka menjalankan tugas sesuai peraturan perundang-undangan.

“Saya menyampaikan ucapan selamat kepada mereka yang sudah resmi dilantik menjadi komisioner KPU dan komisioner Bawaslu periode 2022-2027. Ini amanah besar kepada mereka untuk menggelar pemilu yang demokratis dan Jurdil,” tuturnya.

Presiden Jokowi melantik komisioner KPU-Bawaslu periode 2022-2027 pada hari ini, Selasa, 12 April 2022. Berikut nama-nama mereka:

Komisioner KPU

1. Betty Epsilon Idroos
2. Hasyim Asy’ari
3. Mochammad Afifuddin
4. Parsadaan Harahap
5. Yulianto Sudrajat
6. Idham Holik
7. August Mellaz

Komisioner Bawaslu

1. Lolly Suhenty
2. Puadi
3. Rahmat Bagja
4. Totok Hariyono
5. Herwyn Jefler Hielsa Malonda

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya