Charta Politika: Ganjar Ungguli Prabowo-Anies di Jateng dan NTT

Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya
Sumber :
  • VIVA/Eduward Ambarita

VIVA – Lembaga survei Charta Politika merilis hasil survei terkait elektabilitas calon presiden (capres). Hasilnya, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo unggul telak di Jateng dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Langkah Prabowo Larang Pendukung Demo di MK Dinilai Bisa Jaga Kesejukan Demokrasi

Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya mengatakan, Ganjar memperoleh angka elektabilitas tertinggi di Jateng dengan 70 persen. Disusul Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 

"Untuk elektabilitas calon Presiden, nama Ganjar Pranowo unggul jauh dari nama-nama lainnya, perolehan angka yang cukup tinggi dengan 70 persen. Sementara nama lainnya seperti Prabowo Subianto 9 persen, Anies R Baswedan 7 persen, masih berada di bawah 10 persen," kata Yunarto, dikutip Kamis, 14 April 2022.

Survei LSI: Mayoritas Rakyat Percaya Kejagung Bakal Usut Tuntas Kasus Korupsi Rp 271 T

Di NTT, kata Yunarto, Ganjar mendapat total dukungan hampir 28 persen. Sementara elektabilitas Prabowo dan Anies berada di belakang. 

"Untuk simulasi Calon Presiden di Nusa Tenggara Timur, Ganjar mendapat dukungan lebih tinggi dengan 27,6 persen dibandingkan dengan nama lainnya seperti Prabowo Subianto 21,5 persen dan Anies R Baswedan 9,6 persen," imbuhnya. 

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

Sementara itu, kata Yunarto, elektabilitas Prabowo unggul di Kalimantan Timur. Disusul Ganjar di posisi kedua dan Anies di urutan ketiga. 

"Prabowo Subianto menjadi yang paling tinggi dipilih masyarakat dengan 29,3 persen, sementara di urutan kedua ada nama Ganjar Pranowo dengan 19,9 persen unggul tipis dari Anies Baswedan yang dipilih oleh sebanyak 18,4 persen," imbuhnya. 

Sebagai informasi, survei capres di NTT dan Kaltim dilaksanakan pada 4 sampai 12 Maret 2022 dengan total 1600 responden melalui wawancara tatap muka. Margin of eror survei ini antara 2,97 persen hingga 3,4 persen. 

Sementara di Jateng, survei dilakukan pada 14 sampai 19 Februari 2022 dengan 1090 responden melalui wawancara tatap muka. Margin of eror survei ini berkisar 2,97 persen. 

Survei dilakukan dengan metode multistage random sampling. Para responden diberi pertanyaan 'Jika pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa yang akan Bapak/Ibu/Saudara pilih sebagai Presiden'.

Baca juga: Survei SPIN: Prabowo Unggul Head to Head Lawan Ganjar dan Anies

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya