Ulama di Garut Deklarasi Dukung PPP di Pemilu dan Pilkada 2024

Dukungan Kiyai dan Ulama Untuk PPP di Garut Jawa Barat
Sumber :
  • VIVA/ Diki Hidayat

VIVA – Bertempat di Pondok Pesantren As'adah Balubur Limbangan Garut Jawa Barat, ratusan kyai dan ulama mendeklarasikan dukungan kepada Partai Persatuan Pembangunan (PPP), untuk memenangkan Pemilu dan Pilkada Garut. Deklarasi tersebut disampaikan saat berlangsung Safari Ramadhan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP Jawa Barat, Minggu 17 April 2022.

Hasto Sebut Ada Operasi Politik di Balik Gagalnya PPP ke DPR, Waketum PPP: Belum Ada Bukti

Pembacaan deklarasi dilakukan HR Jujun Junaedi, perwakilan kyai dan ulama yang merupakan para pimpinan pondok pesantren di Kabupaten Garut. Mereka berharap deklarasi dukungan tersebut menjadi bagian dari sejarah di Garut, dimana para kyai dan ulama mampu membesarkan serta memenangkan pemilu dan Pilkada Garut.

"Bahwa Partai Persatuan Pembangunan merupakan partai yang siap memperjuangkan umat, dan menghidupkan kembali nilai-nilai perjuangan Islam," ujarnya, dalam salah satu poin deklarasi yang dibacakan, Minggu 17 April 2022.

Tanpa Bulan Madu, RM Gelar Pernikahan Lalu Kembali Masuk Bui

Para kyai dan ulama menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi yang ada di Negara Republik Indonesia, sebagai bentuk kebebasan dalam menentukan pilihan bagi setiap warga negara. Mereka siap bersatu dalam wadah perjuangan yang kuat, mampu menyalurkan aspirasi dan dapat menyalurkan seluruh potensi bangsa yang majemuk serta terlibat aktif dalam penyelenggaraan negara dengan berahklakulkarimah.

"Kami menyatakan dukungan dan berjuang bersama-sama dalam membina masyarakat Islam secara menyeluruh dalam sektor pendidikan, moral, ekonomi, politik, sosial dan budaya sesuai dengan kekuatan PPP dalam Pemilu Legislatif dan Pilkada Garut 2022 khususnya," ungkap Jujun dalam narasi Deklarasi Kyai dan Ulama.

Posisi Sangat Terjepit, PPP Bakal Dapat 'Durian Runtuh' Jika Gabung ke Koalisi Prabowo

Pembacaan deklarasi tersebut disaksikan Ketua Majelis Syariah Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PPP, Buya Mustofa Aqil Siroj, Ketua DPW PPP, Hj. Ade Yasin, tokoh PPP lainnya Uu Ruzhanul Ulum (Wakil Gubernur Jawa Barat) Ketua DPC PPP Kabupaten Garut, Yudi Nugraha Lasminingrat, Ketua DPC PPP Kabupaten Tasikmalaya, Cecep Nurul Yakin (Wakil Bupati Tasikmalaya) dan sejumlah tokoh PPP lainnya. Juga ratusan kyai dan ulama yang merupakan pimpinan pondok pesantren di Kabupaten Garut.

Penceramah Buya Yahya.

Memajang Foto Ulama di Rumah, Bagaimana Hukumnya? Ini Kata Buya Yahya

 Pengasuh Pondok Pesantren Al Bahjah, KH Yahya Zainul Ma'arif atau yang akrab disapa Buya Yahya menerangkan, terkait hukum memajang foto para ulama di rumah.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024