Cak Imin Usul Pemilu Ditunda Demi Tolong Maruf Amin, NasDem: Ngawur!

Wakil Ketua Umum Nasdem Ahmad Ali (dua dari kiri) dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengaku melontarkan usulan penundaan Pemilu 2024 karena ingin menolong Wakil Presiden RI Maruf Amin. Pernyataan itu dapat perhatian dari elite partai politik.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Wakil Ketua Partai NasDem, Ahmad Ali menyebut ucapan Cak Imin sebagai pemikiran yang ngawur. 

"Saya juga baca berita. Itu sudah ngawur itu ya," kata Ahmad kepada awak media, Selasa, 19 April 2022.

Perolehan Suaranya 58,6 Persen, Prabowo Subianto: Itu Hasil Demokrasi dan Perjuangan

Menurut dia, Pemilu termasuk Pemilihan Presiden sudah diatur konstitusi, yakni setiap lima tahun sekali. Konstitusi membatasi Preiden RI maksimal dua periode jabatan.

"Ya begini lah, saya pikir begini urusan pemilu ini kan sudah diatur secara konstitusi, terus kemudian 5 tahun sekali memilih presiden, dan presiden dua kali dipilih. Itu faktor utama dulu, yang tidak bisa diapa-apakan lagi," lanjutnya.

MK Sebut Total Ada 33 Pengajuan Amicus Curiae, Hanya 14 yang Didalami Hakim

Wakil Ketua DPR RI bidang Korkesra, Abdul Muhaimin Iskandar

Photo :
  • DPR RI

Pun, dia menyinggung bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga sudah menyampaikan sikap resmi menolak usulan penundaan Pemilu 2024. Kata dia, Jokowi juga menegaskan Pemilu 2024 tetap digelar sesuai jadwal yaitu 14 Februari 2024. 

"Kemarin presiden secara tegas bahwa dia karena sudah beberapa kali disampaikan secara tegas hari-hari ini dia tidak mau lagi untuk bicara tentang pemilu (ditunda) dengan menunjukkan melalui tindakan dengan memimpin rakor untuk pelaksanaan pemilu itu kan satu sikap tegas yang ditunjukkan presiden bahwa pemilu itu akan dilaksanakan pada 2024," ujarnya. 

Sebelumnya, Cak Imin buka suara soal usulan penundaan pemilu yang sempat bikin ramai. Menurutnya, isu penundaan pemilu yang ia usulkan itu untuk menolong Wapres Ma’ruf Amin.

Menurut dia, ia sengaja usul penundaan pemilu karena dua tahun pendemi pemerintah tidak bisa berbuat apa-apa.

Pernyataan Cak Imin itu disampaikan dalam pidato acara puncak Harlah PMII ke-62 dengan tema 'Transformasi Gerakan, Merawat Peradaban' yang berlangsung pada Senin malam 18 April 2022.

"Saya itu usul dalam rangka menolong Kiai Ma'ruf Amin, dalam rangka menolong rakyat. Kenapa menolong Kiai Ma'ruf? karena supaya nanti kalau di akhirat ditanya kurang ini kurang itu. Mesti alasannya ya karena 2 tahun pandemi nggak bisa apa-apa," kata Cak Imin dalam akun YouTube PMIIOFFICIAL yang dikutip pada Selasa, 19 April 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya