Dipimpin Salim Segaf, Petinggi PKS Ziarah ke Jannatul Ma'la Mekkah

Salim Segaf Pimpin DPP PKS ziarah ke makam Jannatul Ma'la Mekkah, Arab Saudi.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA –  Elite Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dipimpin Ketua Majelis Syuro Salim Segaf Aljufri melakukan ziarah ke makam Jannatul Ma'la di utara Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi. Salim mendoakan para alim ulama yang dimakamkan di Jannatul Ma'la.

Resmi! PKS Usung Imam Budi Hartono Jadi Bakal Calon Wali Kota Depok

Selain Salim Segaf, rombongan PKS terdiri atas Presiden Ahmad Syaikhu, Bendahara Umum Mahfudz Abdurrahman, dan Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwiani. Selain makam sejumlah ulama, Salim juga sempat berdoa di pusara Ummul Mukminin Sayyidah Khadijah.

Pun, beberapa ulama asal Indonesia yang dimakamkan di Jannatul Ma'la seperti Imam Nawawi Al-Bantani, Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki Al-Hasani, serta Maemon Zubair juga turut didoakan.

Surya Paloh Pikir-pikir Usung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024

Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Aljufri (tengah) di Tanah Suci.

Photo :
  • Istimewa
 
Nasdem dan PKS Diskusi Ikut Koalisi atau Oposisi, Surya Paloh: Masih Dikaji, Belum Final

Di setiap pusara, Salim memberikan pesan keteladanan dari para kekasih Allah SWT tersebut. Dia mencontohkan seperti Imam Nawawi Al-Bantani yang sangat mashur dan dihormati kontribusi keilmuannya bagi dunia Islam. 

"Mengarang banyak sekali kitab rujukan khususnya bagi kalangan pesantren di Asia Tenggara. Kepada beliau kita belajar betapa kuat kesungguhan dalam mendalami ilmu agama hingga mendapatkan tempat mulia di kota suci Mekkah Al-Mukarramah dan dunia Islam," kata Salim, dalam keterangannya dikutip pada Selasa, 19 April 2022. 

Dia mengatakan masih ada beberapa ulama asal Indonesia yang juga dimakamkan di Jannatul Ma'la. Dia menyebut antara lain Syaikh Ahmad Khatib Sambas, Syaikh Junaid Betawi, Syaikh Ahmad Khatib Minangkabawi, Syaikh Abdul Hamid Kudus, Syaikh Mahfuzh Tremas, Syaikh Nawawi Al-Bantani, Syaikh Abdul Qadir Mandailing, Syaikh Yasin Padang.

"Syaikh Nawawi Al-Bantani, Syaikh Junaid Betawi, dan Syaikh Ahmad Khatib Minangkabawi adalah 3 orang Indonesia yang pernah menjadi Imam Masjidl Haram. Masya Allah," ujar eks Menteri Sosial periode 2014-2019 tersebut.

Pun, Salim dan elite PKS juga berdoa di makam Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki Al-Hasani. Dia menyampaikan Sayyid Muhammad sebagai guru para ulama nusantara dan dunia. 

Dia menyebut jasa besar Sayyid Muhamamd yang selalu dikenang antara lain menyediakan kuota santri dan ulama dari Indonesia untuk menerima pengajaran langsung dari almarhum. Pengajaran itu berlangsung selama beberapa tahun dan tanpa dipungut biaya.

"Dan sekembalinya ke tanah air mereka menyebarkan serta mengokohkan aqidah ahlussunnah wal jamaah," tuturnya.

Kemudian, Salim juga ziarah ke makam Maimun Zubair atau Mbah Moen, tokoh ulama kharismatik dari Pesantren Al Anwar Rembang. Bagi dia, sosok Mbah Moen dikenal sebagai ulama yang faqih sekaligus tawadhu dan teduh dalam dakwah sehingga begitu dihormati umat Islam Tanah Air. 

"Semoga kita semua mendapatkan keberkahan ilmu dan cinta mereka, serta kelak dikumpulkan bersama mereka, bersama kekasih mereka Rasulullah SAW yang sangat kita cintai," jelas Salim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya