Pengusaha Beras Ini Prediksi Gibran dan Anies Baswedan Akan Naik Kelas

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.
Sumber :
  • Viva.co.id/ Fajar Sodiq (Solo)

VIVA – Pilkada DKI dan Pemilu Presiden memang masih beberapa tahun lagi, yakni 2024. Namun sejumlah nama sudah mulai disodorkan ke tengah-tengah publik. Anies Baswedan dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, bahkan disebut-sebut akan menghiasi kontestasi politik di tahun Pemilu 2024.

Akui Kemenangan Prabowo-Gibran, Habib Bahar: Saya Ambil Hikmahnya PDIP Nyungsep

Gibran belakangan memang santer disebut bakal dicalonkan di Pilkada DKI yang dihelat 2024. Sedangkan nama Anies Baswedan yang saat ini masih menjadi Gubernur DKI, disebut potensial maju di Pilpres 2024.

Pengusaha beras asal Solo Billy Haryanto, punya prediksi. Dia memang dalam beberapa kali perhelatan politik, cukup terlibat aktif terutama sejak munculnya Joko Widodo di Pilkada DKI hingga di Pilpres 2014. Kali ini, ia memprediksi baik Gibran dan Anies, bakal naik kelas.

Pilpres Berakhir, Cak Imin Sebut Timnas Amin Akan Dibubarkan Besok Pagi di Rumah Anies

"Di 2024, Gibran akan naik kelas, begitu juga Anies. Saya yakin, biasanya saya tidak meleset," ujar Billy kepada wartawan, Jumat 29 April 2022.

Pada Pilkada 2012 Billy adalah salah satu yang menyokong Jokowi hingga menang. Namun pada Pilkada DKI 2017, ia lebih memprediksi Anies yang akan menang. Dan saat itu memang Anies berhasil mengalahkan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Partai Pendukung Prabowo-Gibran Akan Kumpul, Termasuk PKB-Nasdem Diajak

Dengan pengalaman itu, Billy juga memiliki keyakinan Gibran dalam Pilkada Jakarta 2024. Masalah siapa yang mendampingi Gibran, apakah termasuk belakangan nama Ahmad Sahroni, dia menyebut siapa saja yang penting Gibran sebagai orang pertama.

"Biarkan masyarakat yang menilai. Yang jelas Gibran yang nomor satu,".

Menurut dia, Gibran punya catatan kinerja yang bagus sebagai Wali Kota Solo. Pada Januari 2022, misalnya, pemerintah Solo dan Kementerian PUPR merevitalisasi Pasar Legi.

Juga ada pembangunan Masjid Syeikh Zayed yang ditargetkan rampung Agustus mendatang. Masjid tersebut adalah hadiah dari Pangeran Uni Emirat Arab, Syeikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan untuk Presiden Joko Widodo. Masjid ini akan menjadi destinasi wisata religi baru di Solo.

Lebih lanjut Billy mengatakan, Gibran juga akan merevitalisasi Taman Balekambang, destinasi wisata yang bakal menyaingi Candi Borobudur. Juga revitalisasi Pasar Malam Ngarsopuro dan koridor Gatot Subroto. Kedua tempat ini diharapkan bisa seperti Malioboro di Jogja. 

"Jadi orang Solo kalau mau kulineran bisa ke sini tidak perlu ke Malioboro lagi," kata Billy yang mengetahui proyek itu.

Menurutnya, Gibran juga membangun Solo sebagai kota toleran. Ia mengutip riset indeks kota toleran Setara Institute, Solo dinobatkan sebagai kota toleran nomor 9 pada 2021. 

Untuk Anies, Billy memprediksi bakal menang di Pilpres 2024. "Dua-duanya cocok naik kelas. Satu dari wali kota jadi gubernur, satu lagi dari gubernur jadi presiden. Lulus tidaknya biar masyarakat yang menilai," kata Billy. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya