Prioritaskan Jokowi Saat Momen Lebaran, Tata Krama Prabowo Dipuji

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto temui Presiden Jokowi (kiri).
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Momen Ketua Umum DPP Gerindra Prabowo Subianto yang silaturahmi menemui Presiden Jokowi di Yogyakarta saat Lebaran Idul Fitri 2022 jadi perhatian. Cara Prabowo yang memprioritaskan sowan ke kepala negara diapresiasi.

Anies soal Tawaran Jadi Menteri di Kabinet Prabowo: Belum Ada yang Ngajak

Konsultan media dan politik Hersubeno Arief menyampaikan cara Prabowo mengedepankan fatsun politik yang tinggi.

“Atau dalam bahasa Jawa, ini dia ngerti unggah ungguh tata krama politik Indonesia yang dominan dengan kultur Jawa," kata Hersubeno dalam akun YouTube Hersubeno Point yang dikutip pada Minggu, 8 Mei 2022.

PKS Bakal Gelar Halal Bihalal Sabtu, Prabowo-Gibran dan Semua Parpol Diundang

Dia menganalisa Prabowo yang juga Menteri Pertahanan ini memiliki tata krama yang baik dengan merujuk sikap mengutamakan bersilaturahmi dengan Presiden Jokowi di Yogyakarta. Status Prabowo merupakan salah satu menteri dari Jokowi di kabinet pemerintahan.

Usai dari Jokowi, diketahui Prabowo baru silaturahmi ke Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri, di Jakarta pada hari pertama Lebaran.

Waketum Nasdem Ahmad Ali Temui Prabowo Minta Dukungan Maju Pilgub Sulteng

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto temui Presiden Jokowi (kiri).

Photo :
  • Istimewa

Padahal, dari jarak kediaman, Megawati lebih dekat dengan rumah Prabowo yang berlokasi di Hambalang, Jawa Barat.

"Coba perhatikan keputusannya untuk tetap menjadikan kunjungan ke Jokowi sebagai prioritas utama. Walaupun jauh-jauh ke Yogja itu tetap dia tempatkan di dalam daftar utamanya," tuturnya.

"Bukan misalnya ke Megawati dulu karena sebenarnya dari sisi jarak jauh lebih mudah, lebih dekat dibandingkan dari Hambalang terus menuju ke Yogyakarta," lanjut Hersubeno.

Menurut dia, untuk menjaga tata krama politik, Prabowo mesti terbang dulu ke Yogyakarta baru balik lagi ke Jakarta untuk silaturahmi dengan Megawati. "Balik lagi ke Jakarta, baru setelah itu dia terbang jauh ke Jawa Timur," ujarnya.

Prabowo sebelumnya usai salat Idul Fitri di Hambalang, Bogor pada Senin, 2 Mei 2022, langsung bertolak dari Jakarta ke Yogyakarta untuk bersilaturahmi dengan Jokowi. Namun, setelah itu, ia kembali ke Jakarta untuk menemui Megawati di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta.

Pun, saat hari kedua Lebaran Idul Fitri, Prabowo dan rombongan baru menuju ke Jawa Timur (Jatim). Dia menemui sejumlah ulama di antaranya pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Walisongo di Situbondo, Kiai Kholil As'ad, dan pimpinan Ponpes Al-Qodiri Jember, Kiai Ahmad Muzaki Syaha.

Kemudian, Prabowo juga bersilaturahmi dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (NU). Selain itu, eks Komandan Jenderal Kopassus itu juga menemui Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, di Kota Surabaya, pada hari yang sama.

Kemudian, saat H+2 Lebaran atau Rabu, 4 Mei 2022, Prabowo sempat ziarah ke makam Presiden ke-4 RI, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, di Kompleks Ponpes Tebuireng, Jombang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya