Dikawal Saga, Santri di Lampung Deklarasi Dukungan untuk Ganjar

Relawan Sahabat Ganjar sarungan bersama santri di Lampung.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Momen Lebaran Idul Fitri dimanfaatkan relawan pendukung Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Sahabat Ganjar atau Saga. Mereka bergerak mencari dukungan dalam suasana lebaran kali ini dengan menyambangi Bandar Lampung, Lampung dan Sidoarjo, Jawa Timur.

JK Sebut Golkar Partai Terbuka, Tak Masalah Jika Jokowi-Gibran Gabung

Dalam salah satu kegiatannya, relawan Saga menyaksikan langsung deklarasi dukungan untuk Ganjar yang dilakukan dua golongan masyarakat di Bandar Lampung. Momen itu dilakukan dalam gelaran Saga Sarungan.

Ketua DPW Sahabat Ganjar Lampung,Imam Santoso, menjelaskan salah satu kegiatan pihaknya di Bandar Lampung dengan mendatangi Pondok Pesantren atau Ponpes Hidayatul Islamiyah. Menurut dia, di ponpes ini, relawan Saga berikan edukasi kepada para santri dewasa tentang pentingnya berpolitik.

Habib Bahar Akui Kemenangan Prabowo-Gibran: Mau Gak Mau Harus Terima, Tapi...

Pun, para santri yang hadir juga mesti menyatakan deklarasi dukungan terhadap Ganjar. Mereka menyatakan siap mencoblos sosok Ganjar jika maju di Pilpres 2024.

Relawan Saga sarungan bersama santri di Lampung.

Photo :
  • Istimewa
Surya Paloh Temui Prabowo di Kertanegara, Nasdem Jadi Gabung Koalisi?

Imam mengatakan, kegiatan di ponpes ini penting untuk diteruskan di daerah lainnya. Sebab, kebanyakan masyarakat sekarang cukup abai dalam kegiatan yang berkaitan dengan politik.

"Para santri ini bisa menjadi contoh untuk para pemuda-pemuda yang lain. Dengan kepedulian terhadap politik menjadi langkah besar untuk kemajuan Negara Republik Indonesia," kata Imam, dalam keterangannya yang dikutip pada Minggu, 8 Mei 2022.

Saat di Lampung, kegiatan sosial juga dilakukan relawan Saga dengan bagikan Paket Sembako Rakyat atau Pasera di Kampung Nelayan di Kota Bandar Lampung. Imam bilang, pembagian sembako ini tujuannya untuk halal Bihalal dalam momen Idul Fitri.

"Paket sembako ini kita bagikan, sebagai bentuk kepedulian kita sebagai umat beragama," lanjut Imam.

Kemudian, saat pembagian, Saga juga melakukan pendataan dengan menggunakan aplikasi digital kepada para penerima bantuan.

Usai kegiatan di ponpes, relawan Ganjar melanjutkan aktifitasnya dengan menghadiri pameran berbagai jenis UMKM sampai kerajinan budaya di Bandar Lampung. Para pelaku UMKM dan kerajinan juga menyatakan deklarasi dukungan untuk Ganjar di 2024 mendatang.

Imam menyambut hangat dukungan dari berbagai golongan yang berada di Lampung ini.

"Saya benar-benar bersyukur, karena banyak kelompok masyarakat yang ada di Bandar Lampung siap mendukung Ganjar Pranowo supaya menjadi Presiden di 2024 mendatang," tutur Imam.

Sementara, pengurus Saga di Sidoarjo, Jawa Timur juga punya strategi untuk menggandeng suara milenial terutama generasi z. Strategi relawan Saga dengan membuat turnamen Mobile Legends di Jalan Ahmad Yani No.27, RW.1, Sidokumpul, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten. Sidoarjo, Jawa Timur.

M.Roni Yudianto selaku Ketua DPC Kabupaten Sidoarjo menyampaikan harapannya terkait cara yang dilakukan pihaknya. Dia mau banyak generasi z menyampaikan pilihan politiknya dan bisa mengenal sosok Ganjar Pranowo.

"Pentingnya melakukan pendekatan terhadap generasi muda, agar pada 2024 suara untuk kemenangan Ganjar didapatkan dari berbagai kalangan," ujar M.Roni.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya