Pengamat Sebut Soliditas PDIP jadi Modal Bagi Puan Maju di Pilpres

Ketua DPR Puan Maharani mengecek harga pangan di Pasar Jungke Karanganyar
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – 

135 Purnawirawan TNI-Polri Ajukan Amicus Curiae ke MK Terkait Sengketa Pilpres

Solidnya PDIP, Pengamat Sebut jadi Peluang Puan Diusung di Pilpres

Kesolidan PDI Perjuangan hingga saat ini, dinilai menjadi point penting bagi calon presiden atau capres, yang akan diusung pada Pilpres 2024 mendatang.

Heboh Baliho Giri Prasta untuk Bali Tak Ada Corak PDIP, Wayan Koster Merespons Sinis

Pengamat politik dari UM Bengkulu Surya Vandiantara mengatakan, ini menjadi modal besar bagi capres dari PDIP. Terutama jika nantinya partai tersebut mengusung Puan Maharani, yang saat ini santer disebut. Baik itu capres maupun cawapres.

Diakuinya, elektabilitas Ketua DPR RI itu belum terlalu tinggi. Namun hal itu bisa terus naik jelang pilpres, ditambah soliditas partai.

MK Sebut Minim Pengalaman soal Amicus Curiae di Perkara Sengketa Pilpres

"Siapapun calon yang diusung PDIP di Pilpres 2024, baik itu capres maupun cawapres, hal yang pasti adalah elektabilitas PDIP akan terkonversi dengan solid pada dukungan calon di pilpres," kata Surya, Selasa 10 Mei 2022.

Elektabilitas partai yang terkonversi ke calonnya, menurut dia karena saat ini elektabilitas PDIP masih tinggi. Ia melihat, pemilih dari partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu akan tetap solid untuk mendukung siapapun yang diusung oleh partai itu.

"Dalam konteks inilah, Puan paling punya peluang untuk dicalonkan, baik dalam posisi capres maupun cawapres," sambungnya.

Terlebih lagi, PDIP bisa mengusung pasangan capres-cawapres sendiri tanpa berkoalisi dengan partai lain. Dengan fakta itu, menurutnya partai tersebut lebih leluasa dalam memilih siapa yang akan diusung nantinya.

"PDIP tak perlu terjebak pada elektabilitas figur karena sebagai partai ideologis kepemimpinan nasional dituntun oleh garis perjuangan partai" kata Surya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya