Cucu Fans Berat BTS, Megawati: Saya Tidak Mau Ketinggalan

Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.
Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.
Sumber :
  • VIVA/ Eduward Ambarita.

VIVA – Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengapresiasi penetrasi kebudayaan Korea ke dunia, termasuk perkembangannya di Indonesia. Menurut Megawati, kebudayaan Korea telah membentuk bangsanya sebagai bangsa pejuang, bangsa pelopor namun juga bangsa yang kreatif dan mandiri.

"Kreatifitas kebudayaan Korea dalam abad modern ini terlihat dari K-Pop, Drama Korea dan saya ingat ketika Gangnam Style tiba-tiba mendadak populer, termasuk di Indonesia," kata Megawati usai menerima gelar profesor kehormatan dari Seoul Institute of the Arts (SIA), Rabu, 11 Mei 2022.  

Megawati Soekarnoputri menerima gelar Profesor kehormatan dari SIA

Megawati Soekarnoputri menerima gelar Profesor kehormatan dari SIA

Photo :
  • Youtube PDIP

Megawati mengaku punya pengalaman sendiri terkait penetrasi budaya Korea di lingkungan keluarganya, diantaranya adalah demam K-Pop, BTS hingga Drama Korea. Megawati sebagai seorang nenek, memiliki 7 orang cucu yang sangat menggemari BTS. 

"Saya bertanya kenapa kok senang BTS? Katanya tampilannya luar biasa, dan saya juga sebagai seorang nenek juga tidak mau ketinggalan, saya juga harus mengikuti K-Pop, Drama Korea dengan BTS-nya, supaya saya bisa berdialog dengan cucu-cucu saya sebagai bagian dari generasi muda bangsa Indonesia," ujarnya

Demikian pula dengan makanan, kata Megawati, rakyat Indonesia sudah tidak asing lagi dengan makanan asal Korea. Salah satu yang digemari adalah Kimchi. 

"Tadi ketika saya bertemu Presiden (Korsel) Yoon, saya mengusulkan dalam hubungan persahabatan Indonesia-Korea harus ditampilkan cullinary-nya, dengan masakan itu pasti mendatangkan persahabatan. Ada 25 ribu orang Korea tinggal di Indonesia, sehingga orang Indonesia tidak asing dengan Kimchi," ungkapnya