Soal Kemiskinan di Jateng, Pengamat Singgung Gubernur Ganjar

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Sumber :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno

VIVA – Persoalan angka kemiskinan di Jawa Tengah, menurut Direktur Eksekutif Sudut Demokrasi Riset dan Analisis (SUDRA) Fadhli Harahab, menjadi batu sandungan bagi Ganjar Pranowo. Gubernur Jawa Tengah itu digadang-gadang sebagai bakal capres potensial dengan survei yang cukup tinggi.

Matahari Putra Prima Ditinggal Resign 3 Bosnya, Ada Apa?

Soal kemiskinan itu sempat disinggung juga oleh Rocky Gerung dan Rizal Ramli. Padahal Jawa Tengah termasuk provinsi yang angka kemiskinannya tinggi.

"Sulit dibantah kalau datanya valid. Artinya, apa yang dikerjakan Ganjar di dua periode ini hanya lip service, hanya bisa mengangkat pamor pribadi tanpa bisa menunjukkan kinerja konkrit sebagai kepala daerah," kata Fadhli, Rabu 11 Mei 2022.

Heboh Bahan Baku Langka Ancam Produksi Mie Instan, Produsen Indomie Buka Suara

Kalau memang angka kemiskinan itu tinggi, maka ia juga mempertanyakan kinerja kepala daerahnya. Sudah melakukan apa saja sehingga rakyat miskin terbilang tinggi.

Apalagi lanjut dia, sampai digembar gemborkan kalau masyarakat Jateng itu sejahtera. "Tentu menjadi pertanyaan besar. Lalu siapa yang disejahterahkannya?" katanya.

BCA Himpun DPK Rp 1.121 Triliun hingga Kuartal I-2024, Naik 7,9 Persen

Kemiskinan menurutnya bukan saja soal masyarakat yang miskin. Tapi imbas dari itu akan terjadi berbagai persoalan lainnya, termasuk penyakit masyarakat hingga kriminalitas.

"Perlu diwaspadai juga peningkatan radikalis, karena kemiskinan juga merupakan salah satu sumber infiltrasi paham radikal," pungkasnya.

Kb Bank

Trik Inisiatif Perbaiki Fundamental, Turunkan Rasio Kredit Berisiko (LAR) Hingga Dibawah 35%

Perbaikan terkait rasio kredit KB Bank ini salah satunya didorong dari pengalihan aset berkualitas rendah senilai Rp2,87 triliun melalui skema Asset Back Securities (ABS)

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024