Soal Kemiskinan di Jateng, Pengamat Singgung Gubernur Ganjar

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Sumber :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno

VIVA – Persoalan angka kemiskinan di Jawa Tengah, menurut Direktur Eksekutif Sudut Demokrasi Riset dan Analisis (SUDRA) Fadhli Harahab, menjadi batu sandungan bagi Ganjar Pranowo. Gubernur Jawa Tengah itu digadang-gadang sebagai bakal capres potensial dengan survei yang cukup tinggi.

Soal kemiskinan itu sempat disinggung juga oleh Rocky Gerung dan Rizal Ramli. Padahal Jawa Tengah termasuk provinsi yang angka kemiskinannya tinggi.

"Sulit dibantah kalau datanya valid. Artinya, apa yang dikerjakan Ganjar di dua periode ini hanya lip service, hanya bisa mengangkat pamor pribadi tanpa bisa menunjukkan kinerja konkrit sebagai kepala daerah," kata Fadhli, Rabu 11 Mei 2022.

Kalau memang angka kemiskinan itu tinggi, maka ia juga mempertanyakan kinerja kepala daerahnya. Sudah melakukan apa saja sehingga rakyat miskin terbilang tinggi.

Apalagi lanjut dia, sampai digembar gemborkan kalau masyarakat Jateng itu sejahtera. "Tentu menjadi pertanyaan besar. Lalu siapa yang disejahterahkannya?" katanya.

Kemiskinan menurutnya bukan saja soal masyarakat yang miskin. Tapi imbas dari itu akan terjadi berbagai persoalan lainnya, termasuk penyakit masyarakat hingga kriminalitas.

"Perlu diwaspadai juga peningkatan radikalis, karena kemiskinan juga merupakan salah satu sumber infiltrasi paham radikal," pungkasnya.