Profil Al Muktabar Sekda yang Dilantik Jadi Gubernur Banten

Sekda Banten, Al Muktabar.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Al Muktabar sekarang ini merupakan sosok yang menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten sejak 23 Februari 2022.

Akui Kemenangan Prabowo-Gibran, Habib Bahar: Saya Ambil Hikmahnya PDIP Nyungsep

Terdengar kabar beberapa hari sebelumnya yang menyebutkan bahwa Al Muktabar akan dilantik oleh Kemendagri sebagai Pejabat (Pj) Gubernur Provinsi Banten pada Kamis, 12 Mei 2022.

Ia dilantik menggantikan Wahidin Halim yang memegang jabatan sebagai Gubernur Provinsi Banten sejak tahun 2017 dan habis masa jabatannya tepat pada 12 Mei 2022.

Dukung Pemerintahan Prabowo-Gibran, Surya Paloh: Permasalahan Pemilu Sudah Selesai

Lalu, Siapa sosok Al Muktabar sebenarnya yang akan menjabat sebagai Gubernur Banten sementara sampai tahun 2024 yang merupakan tahun terselenggaranya pemilu serentak di Indonesia?

Melalui penelusuran di laman resmi Pemerintah Provinsi Banten (bantenprov.go.id), Al Muktabar merupakan pria yang lahir di wilayah Tanah Abang, DKI Jakarta pada 12 Juni 1965 dan beragama Islam.

Seluruh Personel AD, AL dan AU Dilarang Pakai iPhone, Bolehnya Samsung

Ia pernah menempuh pendidikan doktor di 2 universitas luar negeri dan dalam negeri.

Di luar negeri Al Muktabar mengambil program Doktor di Jurusan Social Sciences dengan program studi Urban and Regional Planning dan berhasil lulus tahun 2016. Doktor dalam negeri Ia dapatkan di Universitas Padjadjaran Bandung, Ia megambil programa Doktor Pasca Sarjana Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dengan jurusan Administrasi Negara dan berhasil lulus tahun 2004.

Tak disangka juga, Ia sebelum mengenyam pendidikan doktor juga pernah menempuh studi Magister / Master di dua tempat.

Al Muktabar lulus dari program Master pertamanya pada tahun 1996 di Universitas Gadjah Mada dengan mengambil Jurusan Ketahanan Nasional. Setelahnya Ia juga berhasil lulus di program pendidikan master kedua nya pada tahun 1998 di Polytechnic Institute of New York, program Pasca Sarjana dengan jurusan atau program studi Applied Statistics.

Sebelum menempuh pendidikan Magister, Ia pernah mengenyam pendidikan Sarjana di Universitas Bengkulu dengan mengambil program studi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan lulus tahun 1989.

Al Muktabar sebelum menjabat sebagai Sekretaris Daerah Banten dan dilantik menjadi Pj Gubernur Banten saat ini, Ia memiliki berbagai pengalaman kerja, seperti Wisyaiswara Utama di Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (KEMENDAGRI), Kepala Bidang Kerja sama Antar Negara di KEMENDAGRI dan Mantan Ketua Umum Ikatan Widyaiswara Indonesia (IWI).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya