Elite Golkar Tepis Rumor Konflik Internal: Hanya Dinamika

Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto (tengah) saat pidato kebangsaan.
Sumber :
  • Dok. Golkar

VIVA – Ketua Bidang Pemenangan Pemilu (Bappilu) Sulawesi Partai Golkar Muhidin M Said mengatakan bahwa internal partainya solid untuk memenangkan Airlangga Hartarto sebagai calon presiden (capres) dalam pemilu tahun 2024.

Dukung Pemerintahan Prabowo-Gibran, Surya Paloh: Permasalahan Pemilu Sudah Selesai

Karena itu, dia membantah kabar yang menyebutkan bahwa internal partainya pecah terkait capres Airlangga Hartarto.

"Tidak benar Golkar pecah, mungkin hanya dinamika saja, biasa mendekati pemilu. Golkar solid mendukung Pak Airlangga Hartarto sebagai capres sesuai keputusan Munas Golkar pada Februari 2019, itu harus dijunjung tinggi seluruh kader,” kata Muhidin dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, 12 Mei 2022.

Selesaikan Persoalan Papua, Jusuf Kalla Beri Saran Begini ke Prabowo-Gibran

Menurut dia, hal biasa apabila ada pihak-pihak yang mempertanyakan tidak bergeraknya elektabilitas Airlangga Hartarto sebagai capres dari Golkar.

Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto

Photo :
  • VIVA / Andrew Tito (Jakarta)
Drama Korea Crash Akan Tayang Perdana di Disney+ Hotstar pada 13 Mei 2024

Namun, dia mengatakan Golkar memiliki tim survei dan riset internal yang hasil kajiannya lebih bisa dipertanggung jawabkan yaitu elektabilitas Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Partai Golkar terus bergerak naik.

"Kami tidak perlu diajari, soal elektabilitas kita tahu bagaimana itu. Kadang-kadang pelaku survei itu juga berpolitik, kami di internal juga punya tim survei, hasilnya, Alhamdulillah,” ujarnya.

Selain itu Muhidin tidak yakin ada desakan untuk menggelar Musyawarah Luar Biasa (Munaslub) dan tidak ada dasar untuk melaksanakan itu.

Dia menilai, apabila ada kelompok yang kecewa merupakan hal yang lumrah dalam kehidupan politik namun tidak perlu dikembangkan. Dia berpendapat, lebih baik seluruh unsur Partai Golkar berpikir ke depan untuk mewujudkan kemenangan partai itu pada pemilu 2024.

Wakil Ketua Badan Anggaran DPR itu mengingatkan, Munas Golkar pada 2019 secara tegas memutuskan Airlangga Hartarto sebagai capres tunggal Partai Golkar dan keputusan tersebut harus dihormati dan dijalankan.

Dia mengingatkan, Golkar memiliki pengalaman terkait polemik internal pada masa lalu, yaitu berlangsung lama dan melelahkan. Dia meyakini seluruh kader berkomitmen untuk "membesarkan Partai Golkar sampai titik darah penghabisan”.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya