PAN soal Capres: Jika Golkar Ajukan Airlangga, Tentu Kita Hormati

Anggota Komisi IX DPR RI, Saleh Partaonan Daulay di ILC
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA – Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay mengungkapkan bahwa belum ada pembicaraan soal capres-cawapres yang akan diusung oleh Koalisi Indonesia Bersatu, bentukan PAN, Partai Golkar, dan PPP.

PAN ke PPP: Akui Dulu Prabowo-Gibran Menang Pilpres Jika Mau Gabung Koalisi

Menurut Saleh, koalisi yang terbentuk menekankan pada koalisi gagasan untuk Indonesia yang lebih baik. "Belum dibicarakan siapa capres dan cawapres. Belum menentukan figur dan sosok," kata dia kepada pers, Jumat, 13 Mei 2022.

Karena itu, dia menekankan, tidak menjadi masalah jika Partai Golkar mengajukan nama ketua umunya, Airlangga Hartarto, sebagai capres pada pilpres 2024.

Konflik Israel-Iran Memanas, Airlangga Sebut Stabilitas Keuangan Aman 

"Jika Golkar mengajukan nama Airlangga, tentu akan kita hormati. Namun, pembicaraan soal pasangan capres/cawapres lintas fraksi masih belum ada," kata Saleh.

Ketum Partai Golkar sekaligus Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Photo :
  • istimewa
Ganjar Tak Masalah Ketum PPP Hadir Silaturahmi dengan Kubu 02

Menurut Saleh, PAN juga memiliki banyak kader yang mumpuni untuk didorong jadi pemimpin nasional termasuk menjadi capres dan cawapres. Namun, menurut Saleh, PAN masih fokus urusan konsolidasi internal dalam rangka persiapan pemilu.

Koalisi Indonesia Bersatu, katanya, masih membuka diri terhadap partai lain yang ingin bergabung. Apalagi waktu menuju pemungutan suara 14 Februari 2024 dan pendaftaran pasangan capres-cawapres masih jauh, yakni Agustus 2023.

"Partai-partai yang memiliki visi dan arah pemikiran yang sama tentu dapat bergabung. Yang jelas, masih panjang perjalanan dan lintasan yang akan dilalui bersama hingga ke pemilu nanti," ujarnya.

Airlangga Hartarto melakukan silaturahmi dan pertemuan dengan Ketum PAN Zulkifli Hasan dan Ketum PPP Suharso Monoarfa di Rumah Heritage Sam Ratulangi, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis malam, 12 Mei 2022. Dalam pertemuan itu disepakati bahwa ketiga partai akan berkoalisi dan bekerja sama dalam pemilu 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya