Sekjen Golkar Pastikan Koalisi Dengan PAN dan PPP Berumur Panjang

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) berbincang dengan Sekjen Partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus (kanan) saat menghadiri pembekalan caleg DPR Partai Golkar di DPP Partai Golkar, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA – Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar, Lodewijk F Paulus, mengatakan koalisi yang dibentuk dengan PAN dan PPP untuk Pemilu 2024 adalah dilakukan secara serius. Koalisi ini menamakan diri Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Belum Tentukan Jadi Oposisi atau Gabung Pemerintah, Hanura Lihat Dinamika Politik

Lodewijk optimistis koalisi akan berumur panjang sampai pemilu dan bahkan bisa berlanjut di agenda Pilkada Serentak 2024.

"Seriuslah, namanya ketum bertiga sudah ketemu, masa enggak serius," kata Lodewijk usai mengikuti Rapat Paripurna Pembukaan Masa Sidang V DPR, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa 17 Mei 2022.

Ketum PAN Siapkan 2 Kadernya di Pilkada Jakarta, Eko Patrio Salah Satunya

Pertemuan antara Suharso Monoarfa, Airalngga Hartarto dan Zulkifli Hasan

Photo :
  • Istimewa

Lodewijk lebih jauh mengatakan, pertemuan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PAN Zulkifli Hasan, dan Ketum PPP Suharso Monoarfa beberapa waktu lalu merupakan tahapan awal untuk membicarakan secara mendalam atas kesepakatan dari tiga ketum tersebut. 
Kesepahaman yang dibentuk oleh para ketua umum itu, akan terus berlanjut. Maka ke depannya,  jelas dia, akan ada pertemuan lanjutan tiga partai KIB.

Ogah Bawel soal Jatah Menteri PAN, Zulhas Pasrah ke Prabowo

"Tahapan berikutnya kami akan rencanakan lagi suatu pertemuan, halalbihalal, mungkin setelah itu ada peningkatan dari kualitas pembicaraan. Kita tunggu saja," ujarnya.

KIB, kata Lodewijk juga membuka diri dengan partai-partai lain yang ingin bergabung. Menurut dia, tidak masalah jika masih ada partai yang mau bergabung dalam KIB.

Lebih lanjut, Lodewijk menegaskan tak ada kaitan dengan dugaan masalah internal Partai Golkar. Dia memastikan juga bahwa partai berlambang pohon beringin tersebut solid.

"Internal Golkar tidak ada (masalah), saya sekjen lho, kalau dibilang Airlangga ada munaslub, munaslub, itu enggak ada. (Golkar) solid, kan kami keliling Indonesia enggak ada masalah," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya