Ada Pelita, Ini Partai Baru Indonesia yang Muncul Jelang Pemilu 2024

Din Syamsuddin melantik pengurus Partai Pelita
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – Pemilihan umum atau Pemilu akan kembali dilaksanakan di Indonesia pada 2024 mendatang. Meski masih lama, namun antusias sudah tampak sejak kini. 

Pemilu di AS dan Eropa Diprediksi akan Pengaruhi Iklim Investasi Indonesia

Antusias ini juga "dimeriahkan" oleh lima partai baru yang muncul di Indonesia. Simak kelima partai tersebut : 

1. Partai Pelita

MK Juga Surati KPU dan Bawaslu, Bakal Bacakan Dua Putusan

Din Syamsuddin melantik pengurus Partai Pelita

Photo :
  • ANTARA

Partai Pelita didirikan pada 28 Februari 2022 oleh Mantan Ketua PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin. Partai Pelita merupakan partai politik baru dan telah mengantongi Surat Keputusan Pengesahan Badan Hukum dari Kementerian Hukum dan HAM. Beni Pramula, mantan Ketua Umum Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah ditunjuk sebagai ketua umun Partai Pelita. 

135 Purnawirawan TNI-Polri Ajukan Amicus Curiae ke MK Terkait Sengketa Pilpres

2. Partai Prima

Sebenarnya, partai Prima sudah mengantongi izin dari Kemenkumham sejak 20 Juli 2020. Agus Jabo Prioyono ditunjuk sebagai ketua umum. Agus Jabo sebelumnya dikenal sebagai Ketua Umum Partai Rakyat Demokratik atau PRD

PRD sendiri merupakan wadah berkumpul bagi orang-orang yang anti terhadap Presiden Soeharto di era Orde Baru. Agus Jabo juga dikenal sebagai salah satu aktivis dalam gerakan reformasi 1998. Partai Prima menyatakan bahwa, berbeda dengan partai-partai pada umumnya, Prima tidak dilahirkan oleh tokoh besar. Prima justru lahir dari bawah, dari tangan orang-orang biasa, 99 persen adalah adalah rakyat biasa.

3. Partai Kebangkitan Nusantara (PKN)

Kemenag Apresiasi Pemenang Anugerah Konstitusi Guru PPKn Berprestasi Tahun 2021.

Photo :

PKN didirikan oleh mantan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, pada 2021. Anggotanya juga adalah mantan anggota DPR dari Fraksi Demokrat Mirwan Amir, mantan pengurus Demokrat Ian Zulfikar, aktivis HMI Asral Hardi, wartawan dan fotografer Bobby Triadi, serta Sri Mulyono yang kini jadi sekretaris jenderal PKN. 

4. Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora)

Ketua Umum Partai Gelora Indonesia, Anis Matta

Photo :
  • Partai Gelora

Partai Gelora resmi menjadi partai politik setelah mengantongi Surat Keputusan dari Kemenkumham pada 20 Mei 2020. Partai ini sebelumnya dideklarasikan oleh para mantan tokoh muda berpengaruh di PKS pada 10 November 2019. Jajaran anggota elite Partai Gelora juga sudah tak asing didengar yaitu Anis Matta selaku Ketua Umum, Fahri Hamzah sebagai Wakil Ketua Umum, dan Mahfudz Siddiq selaku Sekjen. 

5. Partai Ummat

Amien Rais dan Partai Ummat

Photo :
  • Istimewa

Partai Ummat didirikan mantan Politisi Partai Amanat Nasional PAN serta mantan Ketua MPR Indonesia, Amien Rais. 

Awalnya, partai ini dibentuk karena adanya bersinggungan hubungan antara Amien Rais dengan beberapa petinggi politisi PAN. Saat ini, sudah ada sebanyak 99 orang pendiri Partai Ummat yang mewakili 34 provinsi. Ridho Rahmad adalah Ketua Umum Partai Ummat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya