Usai Emil Dilantik, 17 DPC Demokrat di Jatim Akan Gelar Muscab

Wagub Jatim sekaligus Ketua DPD Demokrat Jatim Emil Dardak.
Sumber :
  • Dok. Demokrat

VIVA - 17 Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat di Jawa Timur akan menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) secara serentak beberapa pekan setelah Emil Elistianto Dardak dilantik sebagai Ketua DPD Demokrat Jatim. Muscab juga akan memilih ketua DPC dan pendaftaran calon ketua sudah dibuka pada Rabu, 18 Mei 2022.

Demokrat Sebut AHY Kader Terbaik, Sinyal Jadi Menteri Lagi di Kabinet Prabowo-Gibran?

Wagub Jatim sekaligus Ketua DPD Demokrat Jatim Emil Dardak.

Photo :
  • Dok. Demokrat

Muscab Dibagi dalam Dua Tahap

Terima Parpol Lain Gabung Koalisi Prabowo, Demokrat Tak Pusingkan soal Jatah Menteri

Kepala BPOKK DPD Demokrat Jatim, Mugianto, mengatakan Muscab serentak ini akan dibagi dalam dua tahap. Untuk tahap pertama, ada 17 kabupaten/kota yang akan menggelar Muscab serentak pada 27 Mei 2022 mendatang.

Ke-17 DPC Demokrat yang akan menggelar Muscab serentak tahap pertama itu ialah Kabupaten Banyuwangi, Situbondo, Jember, Lumajang, Bojonegoro, Kediri, Blitar, Malang, Tulungagung, Pamekasan, Sumenep, Bondowoso, Kabupaten Tuban, Kota Pasuruan, Kota Kediri, Kota Batu, dan Kota Blitar.

Isu Demokrat Bakal Dapat Jatah 4 Menteri, Demokrat: Itu Rahasia Mas AHY dan Pak Prabowo

Baca juga: Partai Demokrat Enggan Terburu-buru Berkoalisi Menuju 2024

Mugianto menjelaskan Muscab akan diawali dengan proses pendaftaran calon ketua sebagaimana diatur di Peraturan Organisasi (PO).

"Sesuai surat yang dikeluarkan DPD Demokrat Jatim, pendaftaran dibuka tanggal 18  Mei dan ditutup 20 Mei jam 24.00 WIB di kantor DPD Partai Demokrat Jatim Jalan Kertajaya Indah No 82 Surabaya," katanya kepada wartawan, Kamis, 19 Mei 2022.

Dukungan Minimal 20 Persen Pemilik Suara

Ketua DPC Demokrat Trenggalek itu menjelaskan kandidat calon ketua yang melakukan pendaftaran harus mengantongi dukungan minimal 20 persen pemilik suara sah di masing masing DPC.

“Makanya kita menunggu yang sudah siap untuk segera melakukan pendaftaran," ujarnya.

Dia menambahkan Muscab serentak untuk 17 DPC Demokrat di Jatim rencananya akan digelar di Asrama Haji Surabaya di Sukolilo.

“Nanti para kandidat ini akan ditetapkan untuk menjadi calon ketua. Selanjutnya akan digelar fit and proper test yang dilakukan BPOKK DPD dan DPP secara online, itu untuk DPC-DPC yang nantinya dalam Muscab ditetapkan lebih dari satu calon ketua," katanya.

Dalam fit and proper test, lanjut Mugianto, calon ketua akan diminta menyampaikan visi-misi serta program partai ke depan jika terpilih sebagai ketua.

"Ini sebagai bahan pertimbangan kandidat mana yang memiliki kualitas yang terbaik. Nanti tim 5 yang akan memberi penilaian, tiga dari DPP dan dua dari DPD. Setelahnya DPP yang akan mengeluarkan SK Ketua DPC terpilih," kata Mugianto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya