Pekan Depan DPR Reker dengan Kemenkes Bahas Hepatitis Akut

Rapat Kerja Komisi DPR. (Foto ilustrasi).
Sumber :

VIVA – Komisi IX DPR akan menggelar rapat kerja (raker) bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes), pada Senin,23 Mei 2022, untuk membahas permasalahan hepatitis akut. Hal itu disampaikan Wakil Ketua Komisi IX DPR Emanuel Melkiades Laka Lena, dalam diskusi Dialektika Demokrasi di Media Center MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta, Kamis, 19 Mei 2022.

61 Kasus Flu Singapura Ditemukan di Surabaya, Kenali Gejala-gejalanya

"Komisi IX sudah memutuskan untuk mengundang Kementerian Kesehatan dan pihak terkait untuk soal hepatitis akut ini dibahas dalam rapat kerja dengan Komisi IX," kata Melki.

Politikus Golkar ini menyebut, penyakit hepatitis akut mirip kondisi awal penyebaran COVID-19 di Tanah Air. Karena itu, pihaknya menekankan perlu dilakukan langkah-langkah yang antisipatif terhadap bahaya penyebaran penyakit ini.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

"Sekarang kita masuk di hepatitis akut dan mudah-mudahan kita lebih awal antisipatif dengan kejadian ini," ujarnya.

Lebih lanjut, Melki menyebut organisasi kesehatan dunia atau WHO sendiri sampai hari ini, belum memberikan penjelasan yang cukup tentang jenis penyakit hepatitis akut ini. Kemenkes juga hingga kini masih mempelajari penyebab penyakit ini.

Kolesterol Naik Usai Lebaran? Jangan Panik, Ini 5 Tips Menurunkannya

"Karena posisi kami masih meraba-raba, tentu yang paling penting adalah pencegahan sebenarnya, karena itu yang paling mungkin, pencegahan bagaimana memastikan agar dua jalur masuknya penyebab penyakit ini, itu jangan sampai mengakhiri anak-anak kita," imbuhnya.

Penjabat (Pj) Bupati Purwakarta, Benni Irwan

Pj Bupati Purwakarta Ingatkan Integritas ASN dan Mitigasi Wabah DBD

Penjabat (Pj) Bupati Purwakarta, Benni Irwan meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) di Purwakarta konsisten memberi contoh dalam pengabdian menjalankan roda pemerintahan.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024