Hasto: PDIP Bisa Usung Capres-Cawapres Sendiri

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

VIVA – Terbentuknya Koalisi Indonesia Bersatu yakni Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menghangatkan situasi politik dalam menyongsong Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. 

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristiyanto mengatakan, saat ini PDIP belum berpikir untuk koalisi karena masih terlalu dini membicarakan Pilpres 2024.

Menurutnya, secara perolehan suara PDIP bisa mengusung calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) sendiri pada 2024 mendatang. Hal ini tidak terlepas dari dukungan rakyat.

"Kami bisa mengusung calon sendiri karena dukungan rakyat sudah teruji di Pilpres 2019 lalu," ujar Hasto dalam keterangannya dikutip Sabtu, 21 Mei 2022.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

Photo :
  • Ist

Saat ini, kata Hasto, PDIP masih fokus menggerakkan semangat gotong-royong untuk mewujudkan kepercayaan rakyat. "Ini upaya untuk modal politik bagi PDIP mengusung calon sendiri," ujarnya.

Terpisah, Ketua Pembina Laskar Ganjar Puan (LGP), Mochtar Mohamad mengungkapkan, LGP sudah jauh-jauh hari memprediksi bahwa DPP PDIP akan mengusung kader sendiri. Dia meyakini jika yang akan diusung adalah Ganjar-Puan.