Jokowi Ingatkan Ojo Kesusu soal Capres, Projo Siap Ikuti Komando

Presiden Jokowi.
Presiden Jokowi.
Sumber :
  • Biro Pres dan Media Istana Kepresidenan.

VIVA – Presiden Joko Widodo menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V Relawan Pro Jokowi (Projo) di Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu 21 Mei 2022. Jokowi meminta relawannya agar tak tergesa-gesa dan mendesaknya terkait urusan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Menurut Jokowi, dinamika polisi saat ini belum jelas. Dinamika ini terkait sikap parpol dalam mengusung kandidat capres tertentu. Dia menyampaikan jangan sampai salah hanya karena tergesa-gesa.

“Jangan sampai keliru. Jangan sampai salah. Setuju kita sabar, setuju tidak tergesa-gesa dulu. Kalau sudah jawab seperti itu saya jadi enak. Kalau mendesak saya, saya nanti keprucut. Sekali lagi ojo kesusu disik, nggih. Nggih, setuju,” kataJokowi disambut teriakan setuju dari para relawan.

Jokowi mengatakan dirinya berjanji mengajak relawan untuk menentukan arah ke depan. Jokowi menjanjikan saat diskusi itu tak hanya melibatkan Ketua Relawan namun juga hingga ke akar rumput.

“Kita akan buat pertemuan besar tingkat nasional, untuk seluruh relawan tidak hanya Projo saja, semuanya untuk menunjukkan seluruh relawan masih solid dan satu," lanjutnya. 

Dia mengingatkan agar jangan sampai Projo tidak solid dan terpecah.

"Jangan sampai kalau kita tidak satu. Sayapun untuk memutuskan akan bertanya bapak ibu semuanya. Saya bukan tipikal seperti itu," tutur Jokowi.

Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi (kanan).

Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi (kanan).

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Menurutnya, ia akan aktif berkoordinasi dengan ketua relawan terkait arah sikap politik 2024. Dia bilang jangan sampai relawan di level terbawah berbeda sikap sehingga menunjukan tidak solid.

"Saya akan tanya ketuanya dulu bagaimana pak ketua, calon kita siapa. Saya kroscek ke relawan paling bawah, siapa ini. Pasti akan saya tanyakan seperti itu. Saya ingin tunjukkan kita solid, satu dan semangat,” ujar Jokowi.

Ikut Jokowi

Relawan Projo akan mengikuti arahan Jokowi terkait sikap politik Pilpres 2024. Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi mengatakan dalam Rakernas V ini mengusung tema 'Haluan Baru PROJO Menuju 2024'. 

Budi menjabarkan Tantangan politik dan ekonomi tidak akan mudah ke depan. 

"Kami akan taat, merah kata Pak Jokowi, merah kata Projo. Putih kata Pak Jokowi adalah putih kata Projo. Merah putih kata Pak Jokowi adalah merah putih kata Projo,” kata Budi, Sabtu, 21 Mei 2022.

Budi membeberkan hingga saat ini, Projo belum mempunyai preferensi sosok untuk menggantikan Jokowi sebagai Presiden. Meski demikian, Budi menerangkan preferensi calon Presiden 2024 akan ditentukan Projo sesuai dengan kehendak rakyat.

"Jadi, sampai sekarang Projo tidak memiliki preferensi capres. Preferensi akan ditentukan sesuai kehendak rakyat. Bagaimana mekanismenya inilah antara lain yang akan dibahas dalam Rakernas V," tutur Budi.