Upaya Seniman di Jambi Bergerak Menangkan Ganjar di Pilpres 2024

Ratusan seniman di Jambi dukung Ganjar Pranowo jadi capres 2024
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Ratusan seniman Reog Ponorogo dan Kuda Lumping yang tergabung dalam tim relawan Kawulo Alit di Provinsi Jambi mendeklarasikan dukungan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk menjadi calon presiden (capres) 2024. Mereka menilai Ganjar sebagai figur yang tepat untuk memimpin Indonesia di masa depan dilihat dari perilaku yang religius dan nasionalis.

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

Koordinator relawan Kawulo Alit, Sukono, mengatakan dukungan diberikan atas aspirasi dari seniman di Jambi yang menilai Ganjar sebagai figur yang layak dan tepat dalam memimpin Indonesia ke depan. 

"Kawulo Alit selalu siap untuk mendukung Pak Ganjar dengan segala upaya kekuatan, kami mendukung penuh Ganjar Pranowo menjadi Presiden di 2024," ucap Sukono saat deklarasi di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi, Senin, 23 Mei 2022.

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

Menurut Sukono, Kawulo Alit itu bisa diartikan orang kecil atau rakyat jelata. Dalam konteks ini, Sukono menyatakan dukungan dari kalangan seperti Kawulo Alit sangat diperlukan Ganjar untuk menjadi presiden Indonesia periode 2024-2029. 

"Kita semua mau berperan di semua lini. Kawulo Alit sudah tersebar di 11 Kabupaten/Kota di Jambi," ungkapnya. 

Pilpres Berakhir, Cak Imin Sebut Timnas Amin Akan Dibubarkan Besok Pagi di Rumah Anies

Sementara Ketua Panitia deklarasi, Al Fajar, meminta seniman yang sudah tersebar dari Kota/Kabupaten hingga pelosok desa di Jambi, mendukung dan ikut bergerak dalam memenangkan Ganjar dalam kontestasi politik Pilpres 2024. Sebab, Ganjar dinilai sosok yang bisa mewakili kalangan agamis dan nasionalis. 

"Menurut kami yang bisa mewakili religius dan nasionalis adalah Pak Ganjar Pranowo," ujarnya.

Pengamat seni di Jambi, Suwargo, berharap dengan diselenggarakanya aksi Reog dan Kuda Lumping ini, tradisi kesenian daerah dapat dilestarikan dan mendapat perhatian dari semua kalangan. 

"Saya berharap seni menjadi lebih bermartabat lagi di mata masyarakat," imbuhnya.

Baca juga: Pengamat Sebut Pernyataan Jokowi Sinyal Kuat ke Ganjar di 2024

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya