Sindir Sutiyoso, Partai Garuda: Yang Mau Anda Permasalahkan Apa?

Sutiyoso saat jalani uji kelayakan dan kepatutan di DPR untuk menjadi Kepala BIN 30 Juni 2015.
Sutiyoso saat jalani uji kelayakan dan kepatutan di DPR untuk menjadi Kepala BIN 30 Juni 2015.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA – Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso tengah jadi sorotan karena ucapannya yang menyinggung banyak Warga Negara Asing (WNA) asal China yang bekerja di Tanah Air. Sutiyoso menyebut Pemerintah China mengekspor warganya ke negara lain.

Menanggapi itu, Wakil Ketua Umum DPP Partai Garuda, Teddy Gusnaidi menyindir eks Gubernur DKI Jakarta periode 1997-2007 tersebut. Dia mempertanyakan maksud omongan Sutiyoso.

"Pak Sutiyoso, yang mau anda permasalahkan itu apa? Tenaga Kerja Asing atau etnis China? Ini 2 hal yang berbeda," kata Teddy, dalam keterangannya, Senin, 23 Mei 2022.

Menurut dia, jika Sutiyoso mau permasalahkan tenaga kerja asing atau TKA di Tanah Air maka mesti laporkan dengan bukti pelanggaran. Dia menekankan dalam Undang-Undang, TKA diperbolehkan.

Namun, jika Sutiyoso mempersoalkan etnis China, Teddy menyindir apakah eks Panglima Kodam Jaya juga menyoroti etnis arab dan etnis lainnya yang tumbuh di Indonesia.

"Atau Anda hanya mempermasalahkan etnis China saja? Ternyata hanya etnis China, Ada apa dengan etnis China? Apakah etnis China memanfaatkan keetnisan mereka untuk memprovokasi dan merusak negara ini? Tidak kan?," jelas Teddy.

TKA asal China masuk ke Indonesia di masa pandemi corona.

TKA asal China masuk ke Indonesia di masa pandemi corona.

Photo :
  • VIVA.co.id/Ali Azumar