Jokowi Beri Sinyal Dukung Ganjar, PDIP Tunggu Arahan Megawati

Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Infomasi Sekretariat Presiden

VIVA – Pernyataan Presiden Jokowi saat rakernas Projo di Magelang, dispekulasikan sebagai sinyal politik mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Elite PDI Perjuangan (PDIP) pun menanggapi omongan Jokowi tersebut.

Otto Hasibuan: Kami Minta Megawati Dipanggil di Sidang MK, Mau Enggak?

Politikus PDIP Masintom Pasaribu menyampaikan pihaknya enggan berspekulasi ihwal pernyataan Jokowi yang diisukan jadi sinyal dukungan ke Ganjar. Dia menegaskan, PDIP menunggu keputusan resmi Ketua Umum Megawati Soekarnoputri terkait arah politik di 2024.

Namun, menurut dia, PDIP sejauh ini juga belum membahasnya di internal partai.

Rampung Juni 2024, Menteri ESDM: Divestasi Saham Freeport Sepaket dengan Perpanjangan Kontrak

"Kalau sikap PDIP terkait capres dan cawapres untuk 2024 nanti ada kewenangan Ibu Ketum, Megawati. Karena Kongres PDIP memandatkan kepada ibu Ketum untuk memutuskan itu," kata Masinton kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Senin, 23 Mei 2022.

Masinton juga menyoroti omongan Jokowi dalam rakernnas Projo agar jangan kesusu atau tergesa-gesa mengenai dukungan terhadap capres.

Pernah Dampingi Gibran ke Papua, Bahlil Bantah Tudingan Tak Netral

Anggota DPR dari PDIP, Masinton Pasaribu.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

Menurut dia, pernyataan Jokowi itu disampaikan bukan di forum resmi partai politik. Lagipula, ungkap Masinton, ada beberapa tokoh politik lain yang hadir dalam acara tersebut, seperti Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko hingga anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Sidarto Danusubroto. 

Dengan demikian, kata Masinton, belum tentu pernyataan tersebut ditujukan kepada Ganjar Pranowo.

Lebih lanjut, ucapan Jokowi itu bisa saja ditujukan kepada Jokowi sendiri untuk maju tiga periode. Sebab, dia menduga sejumlah relawan yang hadir di acara itu masih menyerukan dukungan Jokowi tiga periode.

"Ya tidak tahu apakah dukung 3 periode atau apa. Kalau membaca itu kan kita sama-sama membaca. Dukungan ke mana, ada teriakan 3 periode," imbuhnya.

Sebelumnya, Jokowi menghadiri Rakernas V Relawan Projo di Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu 21 Mei 2022. Dalam kesempatan itu, hadir pula Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Jokowi minta relawannya agar tak tergesa-gesa dan mendesaknya terkait urusan Pilpres 2024. Bagi Jokowi, dinamika politik saat ini belum jelas. 

Dinamika yang dimaksud terkait sikap parpol dalam mengusung kandidat capres tertentu. Dia menyampaikan jangan sampai salah hanya karena tergesa-gesa. 

"Urusan politik, ojo kesusu sik. Jangan tergesa-gesa, jangan tergesa-gesa. Meskipun, meskipun.... mungkin yang kita dukung ada di sini," kata Jokowi yang disambut teriakan riuh peserta.

Di tengah keriuhan suasana, peserta rakernas beberapa kali meneriakkan nama Ganjar Pranowo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya