Jokowi Beri Sinyal Dukung Ganjar, PDIP Tunggu Arahan Megawati

Presiden Joko Widodo.
Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Infomasi Sekretariat Presiden

VIVA – Pernyataan Presiden Jokowi saat rakernas Projo di Magelang, dispekulasikan sebagai sinyal politik mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Elite PDI Perjuangan (PDIP) pun menanggapi omongan Jokowi tersebut.

Politikus PDIP Masintom Pasaribu menyampaikan pihaknya enggan berspekulasi ihwal pernyataan Jokowi yang diisukan jadi sinyal dukungan ke Ganjar. Dia menegaskan, PDIP menunggu keputusan resmi Ketua Umum Megawati Soekarnoputri terkait arah politik di 2024.

Namun, menurut dia, PDIP sejauh ini juga belum membahasnya di internal partai.

"Kalau sikap PDIP terkait capres dan cawapres untuk 2024 nanti ada kewenangan Ibu Ketum, Megawati. Karena Kongres PDIP memandatkan kepada ibu Ketum untuk memutuskan itu," kata Masinton kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Senin, 23 Mei 2022.

Masinton juga menyoroti omongan Jokowi dalam rakernnas Projo agar jangan kesusu atau tergesa-gesa mengenai dukungan terhadap capres.

Anggota DPR dari PDIP, Masinton Pasaribu.

Anggota DPR dari PDIP, Masinton Pasaribu.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

Menurut dia, pernyataan Jokowi itu disampaikan bukan di forum resmi partai politik. Lagipula, ungkap Masinton, ada beberapa tokoh politik lain yang hadir dalam acara tersebut, seperti Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko hingga anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Sidarto Danusubroto.