Sinyal Jokowi ke Ganjar, PDIP: Pencalonan Ditentukan Parpol

Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • Biro Pers Istana Kepresidenan.

VIVA – Pernyataan Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat rakernas relawan Projo dispekulasikan jadi sinyal bakal mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Omongan Jokowi itu jadi heboh karena ditafsirkan secara politik untuk kepentingan 2024.

JK Sebut Golkar Partai Terbuka, Tak Masalah Jika Jokowi-Gibran Gabung

Menanggapi itu, Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPP PDIP, Bambang Wuryanto belum bisa bicara banyak soal ucapan Jokowi tersebut. Politikus yang akrab disapa Bambang Pacul itu mengatakan, ia akan menjawab isu tersebut pada pekan depan.

“Hari ini begini saja, saya no comment dulu deh ya, no comment dulu. Tapi, saya janjikan minggu depan saya akan jawab. Tapi, hari ini saya no comment dulu ya," kata Bambang Pacul, kepada wartawan, Selasa, 24 Mei 2022.

Habib Bahar Akui Kemenangan Prabowo-Gibran: Mau Gak Mau Harus Terima, Tapi...

Ganjar Pranowo saat menghadiri rakernas Projo di Magelang.

Photo :
  • Istimewa

Namun, ia menyampaikan soal urusan mengusung calon Presiden dan wakil Presiden sepenuhnya kewenangan parpol. Pun, sikap politik PDIP terkait Pilpres jelas berada di tangan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Surya Paloh Temui Prabowo di Kertanegara, Nasdem Jadi Gabung Koalisi?

“Sudah jelas kok pencalonan itu oleh parpol kan begitu. Ya, sudah nanti kita liat saja dalam perjalanannya. Dukung, mendukung kan sudah begitulah," tutur Bambang.

Ucapan Jokowi saat rakernas relawan Projo di Magelang, beberapa hari lalu ditafsirkan sebagai kode mendukung Ganjar pada 2024 mendatang. Saat itu, mantan Gubernur Jakarta itu minta barisan relawannya agar jangan tergesa-gesa dengan mendesak sikapnya soal Pilpres 2024

Kebetulan di rakernas Projo hadir pula Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Menurut dia, jangan sampai salah hanya karena tergesa-gesa. Tapi, ia menyebut mungkin figur yang didukungnya ada di acara tersebut. 

"Urusan politik, ojo kesusu sik. Jangan tergesa-gesa, jangan tergesa-gesa. Meskipun, meskipun.... mungkin yang kita dukung ada di sini," kata Jokowi yang disambut teriakan riuh peserta. 

Pun, di tengah keriuhan rakernas, relawan Projo beberapa kali meneriakkan nama Ganjar Pranowo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya