DPR dan KPU Akan Putuskan Anggaran dan Tahapan Pemilu pada 30 Mei 2022

Ilustrasi Pemilu.
Ilustrasi Pemilu.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Wakil Ketua Komisi II DPR RI Saan Mustopa menuturkan, pihaknya akan menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan penyelenggara pemilu (KPU, Bawaslu dan Kemendagri), guna membahas anggaran dan tahapan Pemilu Serentak 2024, pada 30 Mei 2022 mendatang.

Menurut Saan, besar kemungkinan RDP tersebut juga langsung memutuskan anggaran dan tahapan Pemilu Serentak 2024.

"Seusai dengan rapat internal, kita agendakan RDP pada tanggal 30 Mei yang akan datang. Karena kita ingin PKPU Tahapan dan anggaran ini bisa selesai di bulan Mei," kata Saan di DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 24 Mei 2022.

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Saan Mustopa

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Saan Mustopa

Photo :
  • DPR RI

Saan mengatakan, RDP tersebut secara umum nanti bakal mematangkan hasil konsinyering antara DPR dengan penyelenggara pemilu dan Kemendagri pada 13 Mei 2022 lalu. 

DPR, kata dia, nanti minta KPU menyampaikan hasil simulasi terhadap salah satu tahapan penting Pemilu Serentak 2024, yakni durasi kampanye yang sudah disepakati 75 hari.

"Simulasinya kan nanti kan kita tanya pas rapat-rapat. Hasil dari KPU simulasinya seperti apa, kalau kampanye 75 hari KPU mensimulasikan seperti apa, apakah memang KPU secara teknis memungkinkan dengan kampanye 75 hari," kata Saan.