Puan Minta Pemerintah Siapkan Strategi Matang jika PPKM Dicabut

Puan Maharani
Sumber :
  • DPR RI

VIVA – Ketua DPR Puan Maharani mengatakan, pemerintah harus mempertimbangkan rencana pencabutan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Maka harus juga menyiapkan strategi yang matang jika PPKM dicabut, supaya tidak ada euforia berlebih.

Pemerintah Terapkan Sistem Kerja WFH dan WFO bagi ASN pada 16-17 April

“Perlu ada strategi yang matang dan komprehensif mengenai rencana pencabutan PPKM agar tidak menimbulkan euforia berlebihan di tengah masyarakat,” kata Puan di Jakarta, pada Rabu, 25 Mei 2022.

Memang, lanjut dia, saat ini kondisi COVID-19 di Indonesia sudah semakin terkendali. Namun, perencanaan yang matang tetap diperlukan untuk tetap membuat masyarakat waspada mengingat virus Corona masih ada.

Bendungan Sungai Runtuh, Rusia Dilanda Banjir Besar hingga Merugi Rp 3,5 Triliun

“Kita semua harus bisa memahami bahwa COVID-19 masih ada di tengah-tengah kita. Harus ada antisipasi yang dilakukan supaya masyarakat tetap aware terhadap virus ini manakala kebijakan PPKM dicabut,” ujar perempuan yang pernah menjadi Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK).

Sebab, Puan mengatakan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum mencabut status pandemi COVID-19. Untuk itu, kata dia, pemerintah harus terus berkoordinasi dengan DPR terkait rencana pencabutan PPKM. Selain itu, pemerintah harus mewaspadai berbagai kemungkinan yang bisa terjadi apabila kebijakan tersebut diterapkan.

Gerindra Sebut Dasco dan Puan Faktor Penting Percepatan Rekonsiliasi Politik

“Pandemi COVID-19 masih menimbulkan ketidakpastian, virus masih terus bermutasi. Kita juga perlu berkaca dari pengalaman negara lain yang kasusnya kembali meningkat ketika mulai melakukan pelonggaran secara masif,” jelas dia.

Kemudian, Puan mengatakan pemerintah juga perlu mempertimbangkan kesiapan masyarakat untuk menghadapi pelonggaran aturan. Termasuk, psikologis masyarakat yang tentunya tidak lagi sama dengan sebelum pandemi COVID-19 melanda.

“Jangan sampai ada gesekan terjadi karena kurangnya kesiapan masyarakat menghadapi era kehidupan baru pasca pandemi,” ucapnya.

Untuk itu, Ketua DPP PDIP itu meminta pemerintah temukan formula yang tepat. Sehingga saat PPKM nanti dicabut, masyarakat sudah siap dan memahami bagaimana agar tetap hati-hati dan waspada menjalankan aktivitas mereka sehari-hari.

“Kita tidak ingin pencabutan PPKM membentuk pola pikir masyarakat bahwa Indonesia sudah bebas dari COVID-19. Karena kurangnya awareness terhadap hal itu akan memicu lonjakan kasus,” katanya.

Namun demikian, Puan bersyukur karena beberapa daerah sudah mengalami peningkatan status PPKM. Tentu, masyarakat harus tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk mewaspadai adanya penyebaran COVID-19.

“Saya optimis situasi kita akan semakin membaik dan Indonesia akan lebih cepat menuju endemi COVID-19,” tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya